Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Roti Metode Autolisis


Resep Donat Tanpa Telur Metode Autolisis Resep Roti dan Donat Lembuttt (Metode Autolysis) oleh
Resep Donat Tanpa Telur Metode Autolisis Resep Roti dan Donat Lembuttt (Metode Autolysis) oleh from emaplethell1978.blogspot.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat roti dengan metode autolisis, kamu hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah tepung terigu, ragi instant, gula, garam, dan air. Jika kamu ingin membuat roti yang lebih enak, kamu juga bisa menambahkan minyak, mentega, atau bahkan biji-bijian. Semua bahan ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko bahan makanan.

Panduan Membuat Roti Metode Autolisis

Membuat roti dengan metode autolisis tidaklah sulit. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

1. Campur semua bahan kering

Campur semua bahan kering, yaitu tepung terigu, gula, garam, dan ragi instant dalam wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

2. Tambahkan air

Tambahkan air ke dalam adonan. Tambahkan sedikit demi sedikit, sampai adonan bisa dimodel dengan menggunakan tangan. Pastikan adonan tidak terlalu basah atau terlalu kering.

3. Autolisis

Biarkan adonan beristirahat selama 15-30 menit. Autolisis ini akan membantu meningkatkan elastisitas adonan dan memberikan tekstur roti yang lembut. Selama proses autolisis, adonan juga akan berubah menjadi lebih lembut dan lebih mudah dibentuk.

4. Uleni adonan

Setelah proses autolisis selesai, uleni adonan hingga kalis. Anda juga dapat menambahkan minyak, mentega, atau biji-bijian untuk memberikan tekstur dan rasa yang lebih enak. Uleni adonan selama 10-15 menit sampai adonan benar-benar kalis.

5. Diamkan adonan

Setelah adonan kalis, diamkan adonan selama 1-2 jam. Diamkan adonan dalam wadah tertutup dengan plastik wrap untuk menghindari adonan dari udara.

6. Bentuk adonan

Setelah adonan cukup mengembang, bentuk adonan sesuai keinginan. Kamu bisa membentuknya menjadi roti tawar, roti gulung, baguette, atau roti lainnya. Pastikan adonan diisi dengan rata dan diamkan lagi selama 15-30 menit.

7. Oven adonan

Setelah adonan benar-benar mengembang, masukkan adonan ke dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Panggang adonan selama 15-25 menit, sampai roti menjadi keemasan.

8. Siapkan roti

Setelah roti selesai dipanggang, biarkan roti dingin sebelum disajikan. Jika kamu ingin membuat roti lebih enak, kamu juga bisa menaburkan tepung terigu atau gandum diatas roti sebelum dipanggang.

Nutrisi

Roti yang dibuat dengan metode autolisis memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Satu potong roti kira-kira mengandung 160 kalori, 2,5 gram lemak, 34 gram karbohidrat, dan 4 gram protein. Selain itu roti juga mengandung beberapa mineral penting seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium.

Kesimpulan

Roti yang dibuat dengan metode autolisis adalah roti yang lembut dan enak. Roti ini juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Dengan membuatnya sendiri, kamu bisa membuat roti yang lebih sehat dan lebih enak. Jadi, jika kamu ingin membuat roti lebih enak, cobalah membuat roti dengan metode autolisis.


Posting Komentar untuk "Resep Roti Metode Autolisis"