Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Rawon Khas Jawa Timur


Resep Praktis Rawon Iga yang Rasanya Paling Juara!
Resep Praktis Rawon Iga yang Rasanya Paling Juara! from www.qraved.com

Apa itu Rawon?

Rawon adalah makanan khas asal Jawa Timur. Makanan ini biasanya terbuat dari kacang-kacangan yang digoreng dan dicampur dengan kuah yang kaya rempah-rempah. Rawon biasanya disajikan bersama nasi putih atau bisa juga dengan lontong. Makanan ini paling banyak disajikan di Jawa Timur, namun saat ini banyak juga ditemukan di Jawa Barat, Sumatra, dan Bali. Rawon ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat disukai banyak orang.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat resep Rawon Khas Jawa Timur ini, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut: 250 gram daging sapi, 1 buah jeruk nipis, 2 buah bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 sendok makan kecap manis, 2 sendok makan minyak goreng, 2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh gula pasir, 2 sendok makan kaldu bubuk, 2 lembar daun salam, 1 lembar daun jeruk, 1 sendok teh merica bubuk, 2 buah tomat, dan 2 buah cabai hijau. Selain itu, Anda juga akan membutuhkan 5 buah buncis, 3 buah kentang, 2 sendok makan kacang tanah, 2 sendok makan kacang merah, 2 buah kelapa parut kasar, 1 batang serai, dan 1 liter air.

Cara Membuatnya

Langkah 1

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Potong-potong daging sapi sesuai selera. Peras air jeruk nipis dan sisihkan. Haluskan bawang merah dan bawang putih. Haluskan kacang tanah dan kacang merah. Parut kelapa kasar dan sisihkan.

Langkah 2

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging sapi dan tumis hingga berubah warna. Masukkan kecap manis, garam, gula pasir, kaldu bubuk, merica bubuk, dan air jeruk nipis. Masak hingga mendidih.

Langkah 3

Masukkan daun salam, daun jeruk, tomat, cabai hijau, buncis, dan kentang. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap. Masukkan kacang tanah dan kacang merah. Aduk rata dan masak hingga matang. Masukkan kelapa parut dan serai. Aduk rata dan masak hingga air surut. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

Informasi Gizi

Resep Rawon Khas Jawa Timur ini memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Daging sapi yang digunakan dalam resep ini mengandung protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Kacang tanah dan kacang merah yang digunakan juga mengandung protein dan lemak yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, bumbu-bumbu yang digunakan seperti bawang merah dan bawang putih juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Resep Rawon Khas Jawa Timur

Resep Rawon Khas Jawa Timur ini merupakan makanan yang pas untuk menemani acara makan bersama keluarga. Rasanya yang khas dan kaya rempah-rempah pasti akan menyegarkan selera. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup mudah didapatkan dan tidak terlalu mahal. Jadi, jika Anda ingin mencoba membuatnya, silakan ikuti langkah-langkah di atas dengan baik. Semoga Anda berhasil membuatnya dan semoga Anda menikmati hidangan ini.


Posting Komentar untuk "Resep Rawon Khas Jawa Timur"