Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Bacem Tempe Gembus


10 Resep olahan tempe gembus Cakrawala Rafflesia
10 Resep olahan tempe gembus Cakrawala Rafflesia from www.cakrawalarafflesia.com

Kamu pasti sudah tahu bahwa makanan bacem tempe gembus adalah salah satu makanan asli Indonesia. Makanan ini berasal dari Jawa Barat yang berisi campuran dari tempe dan tahu. Jika kamu ingin mencoba membuatnya sendiri, kamu bisa menggunakan resep bacem tempe gembus ini. Resep ini sangat mudah diikuti dan kamu akan mendapatkan makanan yang lezat dan beraroma khas masakan Indonesia. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita lihat bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Bahan-Bahan

Untuk membuat resep bacem tempe gembus ini, kamu akan membutuhkan beberapa bahan-bahan sebagai berikut:

  • 2 buah tempe ukuran sedang, potong menjadi 8 bagian
  • 2 buah tahu putih, potong menjadi 8 bagian
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak untuk menggoreng

Bumbu Bacem

Untuk membuat bumbu bacem, kamu akan membutuhkan beberapa bahan berikut ini:

  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 3 buah cabai merah, haluskan
  • 1 sendok teh terasi, haluskan
  • 1 sendok teh gula merah
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Instruksi

Untuk membuat resep bacem tempe gembus ini, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Membuat Bumbu Bacem

Pertama-tama, kamu harus membuat bumbu bacem. Panaskan minyak di teflon, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Jika sudah harum, masukkan gula merah, kecap manis dan terasi. Aduk rata dan masak hingga mendidih. Setelah itu angkat dan biarkan bumbu bacem dingin sebelum digunakan.

Langkah 2: Menggoreng Tempe dan Tahu

Kemudian, goreng tempe dan tahu dengan minyak yang sudah disediakan. Goreng hingga keempatnya menjadi kering dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

Langkah 3: Bacem Tempe dan Tahu

Kemudian, letakkan tempe dan tahu yang sudah digoreng dalam wadah. Masukkan bumbu bacem yang sudah dibuat, garam, dan minyak. Aduk rata dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, tempe dan tahu sudah siap untuk disajikan.

Nutrisi

Makanan bacem tempe gembus ini mengandung beberapa nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, makanan ini juga rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet. Dengan mengkonsumsi makanan bacem tempe gembus ini, kamu bisa mendapatkan nutrisi yang diperlukan oleh tubuhmu.

Kesimpulan

Itulah cara membuat resep bacem tempe gembus yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Resep ini mudah diikuti dan kamu bisa mendapatkan makanan yang lezat dalam waktu yang singkat. Selain itu, makanan ini juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi, jangan lupa untuk mencoba membuat resep bacem tempe gembus ini di rumah.


Posting Komentar untuk "Resep Bacem Tempe Gembus"