Skip to main content

Resep Ayam Petis - Masakan Khas Betawi


Ini Dia, Perbedaan Antara Bumbu Terasi dan Petis
Ini Dia, Perbedaan Antara Bumbu Terasi dan Petis from resepkoki.id

Resep ayam petis adalah salah satu masakan khas Betawi yang berasal dari daerah Jakarta. Ini adalah makanan yang sangat kaya akan cita rasa dan kaya akan kandungan nutrisi. Rasa masakan ini berasal dari bumbu dan rempah-rempah yang digunakan, yang membuat makanan ini semakin lezat. Resep ini sangat mudah untuk dibuat dan juga dapat dikreasikan sesuai dengan selera masing-masing. Resep ayam petis ini juga dapat disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai hidangan pendamping. Dengan resep ini, Anda dapat menikmati masakan khas Betawi dengan rasa yang khas dan lezat.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan untuk Memasak Resep Ayam Petis

Untuk membuat resep ayam petis ini, Anda akan membutuhkan beberapa bahan seperti:

  • 1 ekor ayam, potong-potong
  • 2 buah tomat, potong-potong
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan petis udang
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 100 ml air

Langkah-Langkah Memasak Resep Ayam Petis

Untuk memasak resep ayam petis ini, Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan ayam dan tomat secara bersamaan. Masak hingga ayam benar-benar matang.
  2. Tambahkan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk hingga bumbu tercampur rata. Masukkan petis udang dan air. Aduk hingga petis larut dan air menyusut.
  3. Masak hingga air habis dan ayam benar-benar empuk. Angkat dan sajikan.

Manfaat Nutrisi dari Resep Ayam Petis

Makanan yang dibuat dengan resep ayam petis ini mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Nutrisi yang terkandung di dalam ayam petis antara lain protein, lemak, vitamin, dan mineral. Protein dalam ayam petis berfungsi untuk membantu tubuh dalam memperbaiki jaringan dan membangun otot. Lemak dalam ayam petis menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam ayam petis juga bermanfaat untuk membantu tubuh dalam bekerja dengan baik.

Simpan Ayam Petis yang Telah Dimasak

Ayam petis yang telah dimasak harus disimpan dengan benar agar tetap dapat bertahan lama dan tetap aman untuk dikonsumsi. Simpan ayam petis di dalam wadah yang tertutup rapat dan letakkan di dalam lemari es. Selain itu, pastikan Anda juga menyimpan ayam petis di tempat yang kering dan bersih. Ayam petis juga sebaiknya dimakan dalam waktu yang singkat setelah dimasak, karena nutrisi yang terkandung di dalamnya akan berkurang setelah beberapa hari.

Resep Ayam Petis - Masakan Khas Betawi

Resep ayam petis adalah salah satu masakan khas Betawi yang berasal dari daerah Jakarta. Masakan ini sangat kaya akan nutrisi dan juga cita rasa. Dengan resep ini, Anda dapat menikmati masakan khas Betawi dengan rasa yang khas dan lezat. Sutera mudah untuk membuatnya dan juga dapat dikreasikan sesuai dengan selera masing-masing. Jadi, jika Anda ingin mencoba masakan khas Betawi, maka resep ayam petis ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selamat mencoba!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2023 Kuliner Asik