Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Acar Nasi Kebuli - Makanan Khas Indonesia


Resep Acar Nanas Nasi Kebuli Resep Acar Merah Nanas Ketimun Wortel Just Try Taste
Resep Acar Nanas Nasi Kebuli Resep Acar Merah Nanas Ketimun Wortel Just Try Taste from nenekkabayan.blogspot.com

Acar Nasi Kebuli adalah salah satu makanan khas Indonesia yang banyak disukai oleh banyak orang. Tak hanya itu, makanan ini juga sangat mudah untuk dibuat di rumah. Acar Nasi Kebuli merupakan makanan berbahan dasar nasi yang dicampur dengan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah. Namun, yang membuatnya istimewa adalah kuahnya yang kaya akan kandungan gizi.

Makanan ini memiliki rasa yang khas, gurih dan asin. Tidak heran jika Acar Nasi Kebuli sangat disukai oleh banyak orang. Bahkan, makanan ini bisa ditemukan di hampir semua restoran di Indonesia. Dengan membuat Acar Nasi Kebuli di rumah, Anda bisa menikmati makanan ini kapanpun Anda mau. Berikut adalah resep Acar Nasi Kebuli yang bisa Anda coba.

Bahan-bahan

  • 1 liter air
  • 1 kg nasi basmati
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm garam
  • 4 sdm minyak sayur
  • 2 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 3 buah bawang merah, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdm cuka
  • 1 sdt merica bubuk
  • Kacang tanah, goreng dan haluskan

Langkah-langkah Membuat Acar Nasi Kebuli

  1. Rebus air hingga mendidih. Masukkan nasi, gula, garam, minyak sayur dan air jeruk nipis. Aduk rata dan masak hingga nasi matang dan berbuih.
  2. Sementara itu, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan bumbu-bumbu lainnya ke dalam tumisan bawang merah dan bawang putih.
  3. Masukkan tumisan bawang merah dan bawang putih ke dalam nasi. Aduk rata dan masak hingga nasi matang dan kuahnya mengental.
  4. Tambahkan kacang tanah yang telah dihaluskan. Aduk rata dan masak hingga kuah mengental.
  5. Angkat dan sajikan Acar Nasi Kebuli hangat.

Komposisi Gizi

Acar Nasi Kebuli memiliki komposisi gizi yang cukup baik. Makanan ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Secara khusus, Acar Nasi Kebuli mengandung kalori sebanyak 448 kalori per porsi. Karbohidrat yang terkandung dalam makanan ini sebanyak 64 gram, sedangkan protein yang terkandung sebanyak 9 gram.

Selain itu, Acar Nasi Kebuli juga mengandung lemak sebanyak 18 gram, vitamin A sebanyak 5 IU, vitamin C sebanyak 5 mg, kalsium sebanyak 40 mg, dan besi sebanyak 1.2 mg. Makanan ini juga mengandung serat sebanyak 2.5 gram dan zat besi sebanyak 1.2 mg. Dengan mengkonsumsi makanan ini secara rutin, Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.

Itulah resep Acar Nasi Kebuli yang bisa Anda coba di rumah. Makanan ini sangat mudah untuk dibuat dan memiliki rasa yang istimewa. Selain itu, makanan ini juga memiliki komposisi gizi yang sangat baik. Jadi, jika Anda ingin mencoba makanan khas Indonesia ini, Anda bisa mencoba resep Acar Nasi Kebuli di atas.


Posting Komentar untuk "Resep Acar Nasi Kebuli - Makanan Khas Indonesia"