Skip to main content

Resep Tempe Orek, Makanan Tradisional Khas Jawa Barat


Resep Orek Tempe Pedas Manis oleh Anto Cookpad
Resep Orek Tempe Pedas Manis oleh Anto Cookpad from cookpad.com

Makanan tradisional dari daerah Jawa Barat yaitu Tempe Orek selalu menjadi kegiatan menyenangkan bagi orang yang menyukainya. Selain lazim disajikan untuk hidangan saat acara-acara spesial, tempe orek juga merupakan menu yang sering ditemukan di restoran-restoran di Jawa Barat. Makanan ini lezat, gurih, dan nikmat, rasanya benar-benar tidak dapat dilupakan.

Resep tempe orek adalah salah satu resep yang paling populer di Jawa Barat. Dibuat dari bahan-bahan seperti tempe, bawang, cabai, dan bumbu-bumbu lainnya, makanan ini memiliki rasa yang khas dan lezat. Meskipun mungkin terdengar rumit, membuat tempe orek tidaklah sulit. Berikut adalah resep tempe orek yang akan membuat Anda jatuh cinta pada makanan khas Jawa Barat ini.

Bahan-Bahan

  • 2 papan tempe, potong dadu
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 buah cabai merah, haluskan
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 2 sdm air

Instruksi

  1. Panaskan minyak goreng di wajan dan tambahkan bawang putih dan cabai merah yang telah dihaluskan. Tumis hingga bawang putih mulai harum.
  2. Tambahkan tempe yang telah dipotong dadu dan aduk hingga tempe berubah warna menjadi kecoklatan.
  3. Tambahkan garam, gula pasir, merica bubuk, ketumbar bubuk, dan bawang putih bubuk, aduk hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan air dan aduk hingga bumbu meresap dan tempe menjadi lembut.
  5. Setelah itu, angkat tempe orek dan sajikan.

Informasi Gizi

Tempe orek merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Satu porsi tempe orek mengandung kalori sebanyak 253 kalori, lemak sebanyak 14 g, kolesterol sebanyak 0 mg, protein sebanyak 10 g, karbohidrat sebanyak 28 g, serat sebanyak 1 g, dan sodium sebanyak 442 mg. Selain itu, tempe orek juga mengandung zat besi, vitamin B6, dan vitamin C. Meskipun tempe orek rendah lemak, namun jangan lupa untuk mengkonsumsinya dengan cara yang sehat.

Kini Anda sudah tahu bagaimana cara membuat tempe orek yang lezat dan nikmat. Cobalah membuat tempe orek ini di rumah dan nikmati sendiri manisnya makanan khas Jawa Barat ini. Selamat mencoba!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2023 Kuliner Asik