Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masak Sayur Lodeh Sederhana


Sayur Lodeh By Lina Sutiono Resep makanan sehat, Resep, Resep masakan
Sayur Lodeh By Lina Sutiono Resep makanan sehat, Resep, Resep masakan from www.pinterest.com

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

Untuk membuat sayur lodeh sederhana, Anda memerlukan bahan-bahan berikut: 1 liter santan, 1 buah wortel, 1 buah mentimun, 1 sendok teh garam, 2 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh kaldu bubuk, 1/2 buah tomat, 1/2 buah bawang merah, 1/4 buah bawang putih, 1/4 buah cabai merah, 1/2 buah paprika, 1/4 buah buncis, 1/2 buah kol, dan 1/4 buah labu siam.

Cara Memasak:

Langkah pertama adalah memotong semua sayuran. Potong wortel, mentimun, tomat, bawang merah, bawang putih, cabai merah, paprika, buncis, kol, dan labu siam menjadi bentuk dadu berukuran kecil. Setelah itu, panaskan wajan, lalu masukkan bawang merah dan bawang putih yang telah dipotong. Tumis hingga harum kemudian masukkan potongan sayuran yang telah disiapkan. Tumis hingga sayuran layu.

Setelah itu, masukkan santan ke dalam wajan dan biarkan mendidih. Masukkan potongan sayuran dan aduk hingga merata. Tambahkan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Masak hingga santan mendidih dan semua bumbu tercampur dengan baik. Tambahkan air secukupnya dan biarkan mendidih hingga sayuran empuk. Jangan lupa untuk mengecek rasa. Jika rasa sudah pas, angkat dan sajikan sayur lodeh sederhana ini.

Informasi Gizi

Sayur lodeh sederhana memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Wortel, mentimun, tomat, bawang merah, bawang putih, cabai merah, paprika, buncis, kol, dan labu siam yang terkandung di dalamnya merupakan sumber serat yang baik. Selain itu, sayur lodeh juga kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium, dan kalsium. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sementara itu, vitamin A juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. Vitamin ini juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Kalium dan kalsium juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan mengontrol tekanan darah.

Manfaat Kesehatan Sayur Lodeh Sederhana

Sayur lodeh sederhana memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ini adalah makanan yang rendah kalori, sehingga sangat cocok untuk orang yang sedang menjalani diet. Sayur lodeh juga merupakan sumber serat yang baik yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko stroke, dan mencegah kanker. Sayur lodeh juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Selain itu, sayur lodeh juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan penuaan dan menjaga kesehatan kulit. Sayur lodeh juga memiliki rasa yang enak, sehingga bisa menjadi makanan yang menyenangkan untuk dimakan.

Kesimpulan

Sayur lodeh sederhana adalah makanan yang enak dan sehat. Ini adalah salah satu makanan yang mudah dan cepat disiapkan. Sayur lodeh mengandung banyak bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan. Sayuran ini kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan penuaan, menjaga kesehatan mata, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayur lodeh juga rendah kalori, sehingga cocok untuk orang yang sedang menjalani diet. Sayur lodeh sederhana adalah makanan yang sehat dan enak.


Posting Komentar untuk "Resep Masak Sayur Lodeh Sederhana"