Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Manisan Asam Jawa Kering


Aneka Resep Manisan Mangga Muda yang Menggugah Selera. Asam Manis Segarnya Bikin Melek Mata
Aneka Resep Manisan Mangga Muda yang Menggugah Selera. Asam Manis Segarnya Bikin Melek Mata from www.hipwee.com




Asam jawa merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Asam jawa memiliki rasa asam manis dan manis yang menyenangkan. Resep Manisan Asam Jawa Kering adalah salah satu cara untuk menikmati buah ini. Resep ini akan membuat Anda mendapatkan manisan yang renyah dan manis. Resep ini juga dapat Anda gunakan untuk membuat berbagai macam kue, seperti bolu, kue lapis, dan lainnya. Berikut adalah resep Manisan Asam Jawa Kering yang dapat Anda coba.

Bahan-bahan

  • 1 kg asam jawa, kupas dan potong menjadi bagian kecil-kecil
  • 200 gr gula pasir
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci asam jawa dengan air bersih. Setelah itu, potong-potong asam jawa menjadi bagian kecil-kecil. Kemudian, masukkan asam jawa ke dalam panci dan tambahkan gula pasir, air, dan garam secukupnya. Aduk hingga gula larut. Masak asam jawa hingga airnya larut dan bahan menjadi kental. Jika sudah, angkat dan biarkan dingin.

Setelah itu, letakkan adonan asam jawa di atas papan, lalu bentuk menjadi gulungan kecil. Setelah itu, letakkan dekoratif di atas wadah dan biarkan mengering. Setelah manisan telah kering, simpan di dalam wadah kedap udara. Manisan siap disajikan.

Nutrisi

Manisan asam jawa kering mengandung kalori, protein, karbohidrat, lemak, dan nutrisi penting lainnya. Kalori yang terkandung dalam manisan asam jawa kering adalah sekitar 300 kalori per porsi. Protein yang terkandung dalam manisan asam jawa kering adalah sekitar 0,7 gram per porsi. Karbohidrat yang terkandung dalam manisan asam jawa kering adalah sekitar 60 gram per porsi. Lemak yang terkandung dalam manisan asam jawa kering adalah sekitar 0,2 gram per porsi. Selain itu, manisan asam jawa kering juga kaya akan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, kalsium, dan fosfor.

Manisan asam jawa kering juga merupakan sumber serat yang baik. Serat yang terkandung dalam manisan asam jawa kering adalah sekitar 1,2 gram per porsi. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, manisan asam jawa kering juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Manisan asam jawa kering merupakan makanan yang lezat dan sehat. Manisan ini juga dapat dimakan langsung, atau dimasukkan ke dalam berbagai jenis kue. Selain itu, manisan asam jawa kering juga dapat dikonsumsi bersama teh atau kopi untuk menikmati makanan lezat dan sehat.

Kesimpulan

Manisan asam jawa kering merupakan salah satu makanan lezat dan sehat yang banyak digemari. Resep Manisan Asam Jawa Kering adalah salah satu cara untuk menikmati buah asam jawa. Resep ini dapat membuat Anda mendapatkan manisan yang renyah dan manis. Manisan asam jawa kering juga kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin C, kalsium, dan fosfor. Manisan ini juga kaya akan serat dan antioksidan. Manisan asam jawa kering dapat dimakan langsung, atau dimasukkan ke dalam berbagai jenis kue. Selain itu, manisan asam jawa kering juga dapat dikonsumsi bersama teh atau kopi untuk menikmati makanan lezat dan sehat.


Posting Komentar untuk "Resep Manisan Asam Jawa Kering"