Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Dari Tape Singkong Kukus


22 Resep Kue Apem yang Enak, Empuk, dan Mudah (Rekomended)
22 Resep Kue Apem yang Enak, Empuk, dan Mudah (Rekomended) from thegorbalsla.com

Bahan-Bahan

Untuk membuat kue dari tape singkong kukus, kamu membutuhkan beberapa bahan. Berikut bahan-bahannya:

  • 1 buah tape singkong, potong-potong
  • 100 gram tepung kanji
  • 50 gram gula pasir
  • 3 sdm margarin
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 2 sdm air hangat
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Kue dari Tape Singkong Kukus

Kamu bisa membuat kue dari tape singkong kukus dengan mudah. Berikut cara-caranya:

  1. Sebelum membuat kue, kamu harus mengukus terlebih dahulu tape singkong yang sudah dipotong-potong. Ukur panci atau wajan, lalu masukkan air sampai setengah bagian. Setelah itu, masukkan tape singkong ke dalam panci atau wajan. Setelah air mendidih, masukkan tape singkong ke dalam panci dan tutup panci dengan rapat. Biarkan selama 20-25 menit atau sampai tape singkong empuk.
  2. Kemudian, kamu bisa membuat adonan kue. Masukkan tepung kanji, gula pasir, margarin, vanili bubuk, dan garam ke dalam mangkuk. Aduk adonan kue hingga tercampur rata. Setelah itu, tambahkan air hangat dan aduk lagi hingga adonan kue menjadi lebih lembut.
  3. Setelah itu, masukkan tape singkong yang sudah diukus ke dalam adonan kue. Aduk lagi hingga tercampur rata. Lalu, bentuk adonan kue menjadi bulatan dan letakkan di atas loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti atau baking paper. Setelah itu, kukus adonan kue dengan api sedang selama 15-20 menit.
  4. Setelah kue matang, angkat dan sajikan. Kue dari tape singkong kukus siap disantap.

Kandungan Gizi

Tape singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang kaya akan kandungan nutrisi penting. Beberapa nutrisi penting yang dimiliki tape singkong antara lain vitamin B6, vitamin C, kalium, mangan, tembaga, dan serat. Selain itu, tape singkong juga mengandung zat antioksidan, yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Kue dari tape singkong kukus juga mengandung nutrisi yang penting. Tepung kanji mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Gula pasir juga mengandung karbohidrat. Selain itu, margarin mengandung lemak jenuh dan vitamin A. Vanili bubuk mengandung zat besi, tembaga, dan fosfor.

Dengan demikian, kue dari tape singkong kukus merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Kue ini juga menjadi pilihan yang lezat untuk disajikan di hari-hari spesial.


Posting Komentar untuk "Resep Kue Dari Tape Singkong Kukus"