Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Semur Iga Sapi, Makanan Lezat Yang Menggugah Selera!


Resep Sop Iga Sapi oleh Fanda Cookpad
Resep Sop Iga Sapi oleh Fanda Cookpad from cookpad.com

Apa Itu Semur Iga Sapi?

Semur iga sapi adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang direndam dengan bumbu rempah-rempah yang kaya akan rasa. Makanan ini berasal dari daerah Asia Tenggara, dan biasanya disajikan dengan nasi putih atau nasi biryani. Iga sapi yang digunakan untuk membuat makanan ini biasanya dimasak dengan bumbu yang kaya akan rasa dan sedikit rempah-rempah. Semur iga sapi merupakan masakan yang lezat dan mudah dibuat. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasaknya, hasilnya pasti akan menyenangkan.

Bagaimana Cara Membuat Semur Iga Sapi?

Untuk membuat semur iga sapi, Anda harus menyiapkan beberapa bumbu dan bahan. Anda akan membutuhkan iga sapi, bawang putih, bawang merah, jahe, ketumbar, garam, lada, dan gula. Selain itu, Anda juga membutuhkan sedikit minyak sayur untuk menumis bumbu-bumbu tersebut. Untuk menambah rasa dan aroma yang lebih intens, Anda juga bisa menambahkan sedikit kecap manis. Di samping itu, Anda juga dapat menambahkan segenggam daun ketumbar, lada, dan beberapa buah jeruk nipis untuk memberikan aroma yang menyegarkan.

Langkah-Langkah Membuat Semur Iga Sapi

1. Setelah Anda menyiapkan semua bahan, Anda dapat mulai memasak. Pertama-tama, Anda harus memanaskan minyak sayur di wajan. Kemudian, tumislah bawang putih, bawang merah, jahe, dan ketumbar. Tumis hingga bumbu-bumbu tersebut mengeluarkan aroma yang harum.

2. Setelah bumbu-bumbu tersebut mengeluarkan aroma yang harum, Anda dapat menambahkan iga sapi dan beberapa sendok makan kecap manis. Aduk hingga iga sapi tercampur dengan bumbu-bumbu dan kecap manis. Kemudian, tuangkan air secukupnya dan tambahkan garam, lada, dan gula sesuai selera.

3. Setelah itu, masaklah iga sapi hingga matang dan kuahnya mengental. Jika Anda ingin menambahkan aroma yang lebih menyegarkan, Anda dapat menambahkan daun ketumbar, lada, dan beberapa buah jeruk nipis. Aduk semuanya hingga rata dan masak hingga kuah mengental.

4. Setelah semuanya matang, angkat dan sajikan semur iga sapi bersama nasi putih atau nasi biryani. Selamat menikmati!

Nutrisi Semur Iga Sapi

Semur iga sapi adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Iga sapi biasanya kaya akan protein, zat besi, dan selenium. Selain itu, iga sapi juga mengandung vitamin B12, yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu dalam memproduksi sel darah merah yang sehat. Beberapa bumbu yang digunakan untuk membuat semur iga sapi juga kaya akan nutrisi, seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan ketumbar. Bumbu-bumbu ini kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Selain itu, bumbu-bumbu ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kesimpulan

Semur iga sapi adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Iga sapi dan bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat makanan ini kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Makanan ini sangat cocok untuk disajikan bersama nasi putih atau nasi biryani. Dengan resep semur iga sapi yang mudah ini, Anda dapat membuat makanan yang lezat dan bergizi di rumah. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Resep Semur Iga Sapi, Makanan Lezat Yang Menggugah Selera!"