Skip to main content

Resep Otak-Otak Ikan


OtakOtak Goreng Gurih Kenyal dan Lezat Resep ResepKoki
OtakOtak Goreng Gurih Kenyal dan Lezat Resep ResepKoki from resepkoki.id

Bahan-bahan

Untuk membuat Otak-Otak Ikan yang lezat, Anda memerlukan beberapa bahan-bahan berikut:

  • 250 gram ikan tenggiri cincang
  • 2 buah telur ayam
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 sdm tepung terigu
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sdm kecap ikan
  • 1/2 sdt merica
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng, secukupnya

Cara Membuat

Langkah pertama untuk membuat Otak-Otak Ikan yang lezat adalah menghaluskan ikan tenggiri yang telah dipotong menjadi potongan-potongan kecil. Bila Anda ingin membuatnya lebih halus, Anda juga bisa menggunakan blender.

Setelah ikan tenggiri terhaluskan, campurkan dengan telur ayam, tepung maizena, tepung terigu, bawang putih cincang, kecap ikan, merica, daun salam, dan garam. Aduk semuanya hingga rata.

Selanjutnya, masukkan adonan tersebut ke dalam loyang. Olesi loyang dengan minyak goreng agar adonan tidak lengket. Kemudian ratakan adonan di loyang.

Setelah itu, panggang Otak-Otak Ikan dalam oven yang telah dipanaskan selama 30 menit dengan suhu 200 derajat Celsius atau sampai Otak-Otak Ikan berwarna kecoklatan. Jika Anda tidak memiliki oven, Anda juga bisa memanggangnya di atas teflon.

Setelah cukup panggang, keluarkan Otak-Otak Ikan dari oven atau teflon dan sajikan ketika masih hangat.

Gizi

Otak-Otak Ikan mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh, termasuk protein, asam lemak omega-3, dan kalsium. Protein yang terkandung di dalamnya bisa membantu menghasilkan energi, memperbaiki jaringan tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi hipertensi dan meningkatkan kesehatan jantung. Kalsium yang terkandung dalam Otak-Otak Ikan dapat membantu memperkuat tulang dan gigi.

Selain itu, Otak-Otak Ikan juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin B12 dan B6, fosfor, dan zat besi. Vitamin B12 dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan energi. Zat besi dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung.

Kesimpulan

Otak-Otak Ikan adalah makanan tradisional yang lezat dan lezat. Tidak hanya itu, ia juga kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dengan memasak sendiri Otak-Otak Ikan di rumah, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan makanan yang sehat dan berkualitas.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2023 Kuliner Asik