Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Telur Gabus Tepung Ketan


216 resep kue daki keju 500 gr tepung enak dan mudah Cookpad
216 resep kue daki keju 500 gr tepung enak dan mudah Cookpad from cookpad.com

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung ketan
  • 200 gram gula pasir
  • 5 butir telur ayam
  • 3 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 100 ml santan kental
  • 100 gram margarine
  • 3 sdm air pandan

Instruksi Membuat:

Untuk membuat kue telur gabus tepung ketan ini, pertama-tama kita siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Lalu, kocok telur ayam dengan garam dan air jeruk nipis hingga membentuk konsistensi yang berbusa. Jika telur sudah tercampur rata, kita masukkan tepung ketan dan gula pasir ke dalam adonan telur, aduk hingga rata. Kemudian, tuang santan kental dan air pandan secara bertahap. Sementara itu, kita panaskan margarine hingga meleleh. Setelah itu, tuang margarine ke dalam adonan telur dan gula, aduk hingga rata. Kemudian, tuang adonan ke dalam loyang dan panggang dalam oven dengan suhu 190 derajat Celcius selama kurang lebih 25 menit. Setelah waktu 25 menit, angkat loyang dan biarkan kue telur gabus tepung ketan agar dingin. Kue telur gabus tepung ketan pun siap untuk disajikan.

Komposisi Gizi:

Kue telur gabus tepung ketan mengandung nutrisi yang cukup bergizi. Didalam setiap porsi kue telur gabus tepung ketan terdapat kurang lebih 300 kalori energi, 20 gram lemak, 3 gram protein, dan 50 gram karbohidrat. Kue telur gabus tepung ketan juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral diantaranya vitamin A, zat besi, kalsium, fosfor, kalium, dan magnesium.

Anjuran Konsumsi:

Kue telur gabus tepung ketan dapat dinikmati setiap saat, baik untuk sarapan, makan siang, makan malam ataupun sebagai camilan. Namun, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan ini dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan, agar kesehatan tubuh tidak terganggu. Selain itu, kita juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan lainnya yang mengandung nutrisi yang seimbang dan sehat.

Keuntungan Kue Telur Gabus Tepung Ketan:

Kue telur gabus tepung ketan memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh, karena kue telur gabus tepung ketan mengandung nutrisi yang cukup bergizi.
  • Membantu menjaga kadar gula darah, karena kue telur gabus tepung ketan mengandung karbohidrat yang rendah.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena kue telur gabus tepung ketan mengandung vitamin A dan zat besi.
  • Meningkatkan kinerja otak, karena kue telur gabus tepung ketan mengandung magnesium yang dapat meningkatkan fungsi otak.

Resep Alternatif:

Selain kue telur gabus tepung ketan, Anda juga dapat membuat kue telur gabus yang lebih mudah dan lezat. Caranya, Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, lalu tuang ke dalam loyang dan panggang dalam oven selama 20-25 menit. Kue telur gabus siap untuk dinikmati.

Kesimpulan:

Kue telur gabus tepung ketan merupakan sajian yang lezat dan praktis. Kue ini juga dapat menjadi pilihan yang sehat karena mengandung nutrisi yang cukup bergizi. Oleh karena itu, Anda dapat menikmati kue telur gabus tepung ketan dengan nyaman dan aman.


Posting Komentar untuk "Resep Kue Telur Gabus Tepung Ketan"