Skip to main content

Resep Kue Sengkulun Purworejo – Makanan Tradisional Khas Purworejo


Resep kue basah untuk lebaran Instagram Resep kue, Kue, Makanan
Resep kue basah untuk lebaran Instagram Resep kue, Kue, Makanan from www.pinterest.com

Kue Sengkulun adalah makanan tradisional yang berasal dari daerah Purworejo, Jawa Tengah. Selama ini, jenis kue ini hanya dapat ditemukan di daerah Purworejo, karena tidak banyak orang yang memiliki informasi tentang resep ini. Akan tetapi, kini Anda dapat menemukan resep Kue Sengkulun Purworejo di berbagai media.

Kue Sengkulun Purworejo terbuat dari bahan-bahan alami serta memiliki cita rasa yang enak. Apabila dilihat dari segi bentuknya, kue ini terlihat seperti sebuah kue bolu berwarna coklat. Namun, jika dilihat dari segi rasa, maka akan ada perbedaan yang signifikan antara kue bolu dengan Kue Sengkulun Purworejo. Rasa yang dimiliki oleh kue ini sangat unik dan berbeda dari rasa kue-kue lainnya yang ada di pasaran.

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Sengkulun Purworejo

Ada beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kue Sengkulun Purworejo. Berikut adalah bahan-bahan tersebut:

  • 250 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 3 buah telur
  • 50 gram margarin
  • 200 ml susu cair
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt garam

Langkah-langkah Membuat Kue Sengkulun Purworejo

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat Kue Sengkulun Purworejo:

  1. Pertama, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata.
  2. Kemudian, masukkan telur, margarin, dan susu cair ke dalam wadah yang berisi bahan-bahan tadi. Aduk rata hingga tercampur sempurna.
  3. Setelah itu, tuangkan adonan kue ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan tepung terigu. Ratakan permukaannya.
  4. Panggang adonan kue dengan suhu 150 derajat Celcius selama 40 menit. Setelah itu, angkat dan biarkan kue dingin sebelum disajikan.

Kandungan Gizi Kue Sengkulun Purworejo

Berikut adalah kandungan gizi yang terdapat dalam Kue Sengkulun Purworejo:

  • Karbohidrat: 30 gram per porsi
  • Protein: 4 gram per porsi
  • Lemak: 4 gram per porsi
  • Serat: 2 gram per porsi
  • Kalori: 300 kalori per porsi

Kue Sengkulun Purworejo memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Kue ini juga dapat menjadi alternatif makanan sehat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Kesimpulan

Kue Sengkulun Purworejo adalah makanan tradisional yang berasal dari daerah Purworejo. Kue ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari rasa kue-kue lainnya. Resep Kue Sengkulun Purworejo sendiri cukup mudah untuk dibuat, dan hanya membutuhkan beberapa bahan alami. Selain itu, kue ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2023 Kuliner Asik