Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Ayam Taliwang Plecing Kangkung


Resep Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung oleh raturegyna Cookpad
Resep Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung oleh raturegyna Cookpad from cookpad.com

Kisah Asal Usul Ayam Taliwang Plecing Kangkung


Ayam Taliwang Plecing Kangkung adalah makanan khas dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Makanan ini sangat terkenal di seluruh Indonesia. Makanan ini berasal dari daerah Taliwang, yang dikenal sebagai pusat ayam bakar Lombok.

Ayam Taliwang Plecing Kangkung adalah salah satu makanan yang paling disukai oleh para turis. Makanan ini merupakan kombinasi antara dua makanan khas Lombok, yaitu ayam Taliwang dan plecing kangkung. Ayam Taliwang adalah ayam yang dipanggang dengan bumbu khas Lombok, sementara plecing kangkung adalah sayur kangkung yang dicampur dengan bumbu khas Lombok.

Ayam Taliwang Plecing Kangkung adalah salah satu dari banyak makanan tradisional yang ada di Lombok. Makanan ini telah menjadi makanan yang sangat populer di seluruh Indonesia dan telah menjadi salah satu makanan favorit banyak orang.

Resep Ayam Taliwang Plecing Kangkung


Berikut adalah resep untuk membuat Ayam Taliwang Plecing Kangkung. Resep ini cukup mudah untuk dilakukan dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 45 menit.

Bahan-bahan:

  • 1 kilogram ayam
  • 5 buah cabai merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 buah tomat
  • 1/2 kg kangkung
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 sdm minyak sayur

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih ayam dan potong-potong sesuai selera.
  2. Haluskan bawang putih, cabai merah, jahe, garam, dan merica bubuk menggunakan blender.
  3. Campur potongan ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan, kecap manis, dan tomat yang sudah dipotong-potong.
  4. Masukkan campuran tersebut ke dalam wadah, lalu biarkan selama 15-20 menit.
  5. Panaskan minyak sayur di wajan dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan selama 1-2 menit.
  6. Masukkan ayam yang sudah diberi bumbu dan tumis selama 5-10 menit sampai ayam matang.
  7. Sementara itu, cuci bersih kangkung dan potong-potong menjadi 2-3 cm.
  8. Masukkan kangkung ke dalam wajan dan aduk sampai kangkung layu.
  9. Masukkan ayam yang sudah matang dan aduk-aduk sampai merata.
  10. Tambahkan jeruk nipis dan aduk-aduk lagi sampai merata.
  11. Ayam Taliwang Plecing Kangkung siap disajikan.

Nutrisi:



Ayam Taliwang Plecing Kangkung mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Ayam Taliwang Plecing Kangkung mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Protein yang terkandung dalam ayam Taliwang Plecing Kangkung dapat membantu meningkatkan sistem imunitas dan dapat membantu dalam proses pertumbuhan dan perbaikan sel. Lemak yang terkandung dalam ayam Taliwang Plecing Kangkung juga dapat membantu dalam proses metabolisme tubuh.

Selain itu, ayam Taliwang Plecing Kangkung juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi, dan magnesium. Vitamin A dapat membantu dalam proses pertumbuhan dan perbaikan sel. Vitamin C dapat membantu menjaga sistem imunitas tubuh dan dapat mencegah penyakit. Vitamin E dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas. Kalsium dapat membantu memperkuat tulang dan gigi. Zat besi dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah. Magnesium dapat membantu menjaga sistem saraf dan otot.

Ayam Taliwang Plecing Kangkung merupakan salah satu makanan yang berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Makanan ini sangat mudah untuk dimasak dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 45 menit. Anda bisa mencoba membuat Ayam Taliwang Plecing Kangkung di rumah dan pastikan untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas.

Posting Komentar untuk "Resep Ayam Taliwang Plecing Kangkung"