Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Es Lilin Jadul


Es Lilin Cincau / Jajan Es Potong Jadul Aneka Rasa Yang Kini Kian Langka Resep cara membuat es
Es Lilin Cincau / Jajan Es Potong Jadul Aneka Rasa Yang Kini Kian Langka Resep cara membuat es from diatasbantalsaya10.blogspot.com

Bahan-Bahan:

  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan air
  • 250 gr tepung terigu
  • 3 butir telur
  • 50 gr margarin
  • 200 gr mentega
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 2 sendok teh esen vanili

Cara Membuat:

Pertama, campurkan gula pasir dan air dalam mangkuk. Aduk sampai gula larut sempurna, kemudian sisihkan.

Kedua, masukkan tepung terigu, telur, margarin, mentega, baking powder, vanili bubuk, dan esen vanili ke dalam mangkuk. Aduk rata sampai tercampur sempurna.

Ketiga, tuangkan larutan gula pasir yang telah dibuat tadi ke dalam adonan. Aduk hingga adonan tercampur sempurna.

Keempat, ambil adonan dan bentuk bulat-bulat. Lalu letakkan di loyang yang sudah diolesi margarin dan tepung terigu.

Kelima, panggang es lilin jadul di oven dengan suhu 170°C selama 20 menit. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin sebelum disajikan.

Nutrisi:

Es lilin jadul mengandung gula pasir, tepung terigu, telur, margarin, mentega, baking powder, vanili bubuk, dan esen vanili. Es lilin jadul juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B12.

Kandungan nutrisi dalam es lilin jadul berkaitan dengan kandungan bahan-bahan yang digunakan. Gula pasir mengandung karbohidrat, sementara tepung terigu mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Telur, margarin, dan mentega mengandung lemak, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B12.

Es lilin jadul juga kaya akan serat. Serat dalam es lilin jadul bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan sistem pencernaan, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Es lilin jadul juga mengandung kalori dan gula. Jadi, sebaiknya hindari makan terlalu banyak es lilin jadul karena dapat meningkatkan berat badan.

Kesimpulan:

Es lilin jadul adalah makanan manis khas Indonesia yang terbuat dari gula pasir, tepung terigu, telur, margarin, mentega, baking powder, vanili bubuk, dan esen vanili. Es lilin jadul mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B12. Es lilin jadul juga kaya akan serat, namun mengandung kalori dan gula, jadi harus diperhatikan dalam porsi yang tepat.


Posting Komentar untuk "Resep Es Lilin Jadul"