Skip to main content

7 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Kuliner Asik, Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting. Fungsinya adalah untuk menetralisir racun di dalam tubuh agar tidak terkena penyakit ginjal. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal yang tepat.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Banyak orang yang masih tidak tahu cara merawat ginjal agar tidak terkena penyakit. Beberapa kebiasaan di bawah ini bisa Anda lakukan agar ginjal tetap sehat.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari merupakan penentu apakah kondisi ginjal baik-baik saja atau tidak. Dengan melakukan kebiasaan di bawah ini secara rutin, maka akan membuat ginjal tetap aman dan sehat.

1. Mengurangi Konsumsi Garam

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengurangi mengkonsumsi garam. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam ternyata tidak baik untuk kesehatan ginjal. Sodium atau garam dinilai dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Jika hal tersebut tidak segera dikontrol maka akan merusak ginjal dan pembuluh darah. Selain itu, Anda juga akan mudah terkena tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi adalah penyebab utama mengapa seseorang bisa terkena gagal ginjal.

Asupan garam yang dijaga akan membuat ginjal tetap dalam kondisi sehat. Sebaiknya, Anda mengganti dengan rempah-rempah lain seperti bawang. 

Bawang memiliki kandungan quercetin yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Dengan cara ini, fungsi ginjal untuk menyaring darah bisa tetap optimal.

2. Rajin Mencukupi Kebutuhan Mineral

Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah rutin memenuhi kebutuhan mineral pada tubuh. Ternyata kekurangan cairan juga dapat merusak fungsi ginjal. Hal ini mungkin terdengar sepele, padahal dampaknya tidak main-main.

Apalagi minum air putih merupakan hal yang mudah dilakukan. Dalam sehari, setidaknya Anda minum minimal 1 liter per hari. Mineral akan membantu ginjal untuk menyaring darah dan menyaring limbah beracun di tubuh.

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease menjelaskan bahwa ciri-ciri ginjal yang sehat adalah bisa menyaring sebanyak 150 liter darah setiap harinya. Aktivitas penyaringan oleh ginjal akan membuang limbah yang tidak diperlukan tubuh seperti kalium, fosfor, dan natrium.

Selain itu, mineral juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah terbuka. Jika pembuluh darah terbuka, akan membantu kelancaran penyaringan darah. Mineral juga akan menjaga keseimbangan otot, jaringan, dan saraf.

3. Jangan Minum Vitamin dan Obat Sembarangan

Cara menjaga kesehatan ginjal yang berikutnya adalah tidak mengkonsumsi obat dan vitamin sembarangan. Contoh obat-obatan yang bisa merusak ginjal adalah pencahar dan NSAID. Oleh karena itu, konsumsinya harus sesuai dengan resep dari dokter.

Penyakit ginjal dapat terjadi saat Anda terlalu lama mengkonsumsi obat-obatan yang memang tidak dianjurkan. Oleh karena itu, jangan sampai mengkonsumsi obat secara sembarangan.

4. Menjaga Pola Makan Sehat

Agar kesehatan ginjal tetap terjaga, cara berikutnya adalah dengan menjaga pola makan sehat. Pola makan yang sehat akan membantu ginjal tetap bekerja dengan baik. Penyebab utama penyakit ginjal adalah diabetes dan hipertensi.

Akan tetapi, kedua penyakit itu tidak akan terjadi apabila Anda menjaga konsumsi makanan sehat. Contoh buah yang sehat adalah buah ceri karena memiliki kandungan kalium rendah dan menjaga keasaman dalam tubuh. Selanjutnya adalah sayuran yang juga rendah kalium.

Manfaatnya adalah untuk menyeimbangkan kandungan kalium dan mineral di tubuh, contohnya adalah kobak, terong, dan kol. Terakhir yaitu apel yang memiliki kandungan antioksidan dan rendah kalium. Manfaatnya adalah tidak akan memberatkan kinerja dari ginjal.

Artikel Terkait: 7 Manfaat Sereh untuk Kesehatan

5. Melakukan Diet Rendah Protein

Cara menjaga kesehatan ginjal yang berikutnya adalah dengan melakukan diet rendah protein. Tidak hanya garam, protein yang terlalu berlebihan juga dapat mengancam kesehatan ginjal Anda. Ketika berada di lambung, protein akan langsung dipecah menjadi asam amino dengan enzim.

Di lambung, asam amino akan diteruskan ke usus dan dibagi ke beberapa organ yang membutuhkan. Selebihnya asam amino akan disaring ke ginjal dan dibuang melalui urine. Jika asam amino di dalam tubuh semakin banyak, maka ginjal akan bekerja lebih keras untuk menyaringnya.

6. Berhenti Merokok

Sebenarnya tidak ada salahnya jika Anda merokok, akan tetapi sebaiknya perhatikan juga dampaknya pada ginjal. Racun yang terdapat di dalam rokok akan mengganggu aliran darah sehingga jantung akan bekerja lebih keras. 

Jika dibiarkan begitu saja, maka akan menimbulkan tekanan darah tinggi. Mungkin langkah efektif bagi pecandu rokok adalah dengan mengurangi porsi merokoko dalam sehari dulu, baru pelan-pelan akan bisa berhenti total.

7. Mengurangi Konsumsi Alkohol

Selain rokok, konsumsi alkohol juga harus dikurangi karena berdampak buruk pada kesehatan ginjal. Fungsi ginjal akan mengalami penurunan jika terus-terusan mengkonsumsi alkohol. Alkohol dapat membawa efek diuretik sehingga jumlah urine dapat mengalami peningkatan.

Produksi urine yang berlebihan akan menyebabkan ginjal bekerja lebih ekstra sehingga tidak bisa mengatur cairan lain. Tubuh akan memproduksi klorida, kalium, dan natrium sehingga menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Artikel Terkait: 14 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Penting untuk mengetahui apa saja cara menjaga kesehatan ginjal agar tetap berfungsi dengan benar. Dengan mengubah kebiasaan sehari-hari, maka ginjal akan tetap sehat dan aman dari penyakit ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang mematikan adalah gagal ginjal. 

FAQ

A. Apa ciri ciri Bila ginjal mulai bermasalah?

Ciri-ciri ginjal bermasalah bisa terlihat dari warna urin, yakni urin yang berbuih, berwarna lebih pekat, dan disertai bercak merah harus diwaspadai. Mata yang terus mengalami pembengkakan termasuk ciri-ciri ginjal bermasalah.

B. Makanan apa saja yang dapat menyehatkan ginjal?

Beberapa jenis sayur yang diketahui baik untuk kesehatan ginjal:

  • Makanan seperti sayur dan buah mampu menunjang kesehatan tubuh.
  • Paprika Merah.
  • Kubis.
  • Bawang Putih.
  • Kembang Kol.
  • Asparagus.
  • Kale.

C. Sakit ginjal dilarang makan apa?

Jenis makanan yang mengandung fosfor dan sodium yang perlu dihindari penderita sakit ginjal. Susu dan produk susu, seperti susu, yogurt, keju, es krim, puding yang mengandung susu. Susu kedelai. Gandum, seperti roti gandum, sereal, pasta.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2022 Kuliner Asik