Skip to main content

Struktur Organisasi Perusahaan Beserta Fungsinya

Kuliner Asik, Sebuah perusahaan akan semakin berkembang jika memiliki stuktur organisasi yang jelas dan berkompeten. Struktur organisasi perusahaan sendiri memiliki manfaat dan fungsi yang sangat penting untuk membangun sebuah bisnis.

Struktur Organisasi Perusahaan Beserta Fungsinya

Di dalam perusahaan struktur organisasi sangat penting untuk dibuat agar job deskripsi jelas dan terarah. Pasalnya, ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang aktif dan memiliki peran yang jelas dalam perkembangannya.

Contoh Susunan Struktur Organisasi Perusahaan 

Sebuah perusahaan harus memiliki struktur organisasi yang jelas, disertai fungsi-fungsinya. Berikut ini adalah contoh susunan struktur organisasi perusahaan beserta fungsinya:

1. Direksi

Orang yang bertanggung jawab dan memiliki wewenang dalam mengurus perseroan terbatas. Pada struktur organisasi perusahaan, jajaran direksi memiliki wewenang untuk mengambil keputusan terhadap perseroan.

Fungsi dari jajaran direksi adalah sebagai penentu arah perusahaan. Jadi berkembangnya suatu perusahaan sangat ditentukan oleh dewan direksi.

2. Direktur Utama

Adalah orang yang memiliki wewenang dalam merumuskan dan menetapkan suatu kebijakan serta program umum perusahaan sesuai dengan wewenang yang diberikan perusahaan kepadanya.

Direktur utama dituntut memiliki ide-ide cemerlang yang bermanfaat untuk perusahaan serta mewakili perusahaan ketika harus bekerjasama dengan perusahaan lain.

3. Direktur

Direktur mempunyai wewenang untuk mengangkat, mengganti, dan memberhentikan karyawannya.

Jabatan ini tepat berada di bawah direktur utama, biasanya dalam sebuah perusahaan terdapat 3 sampai 6 direktur seperti direktur pemasaran, direktur keuangan, direktur teknologi, dan lain-lain.

4. Manajer

Adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengintregasikan macam-macam variabel dan karakteristik dari pegawainya dalam mencapai tujuan perusahaan.

Fungsi dan tugas dari manajer pada struktur organisasi perusahaan adalah membuat pengarahan dan keputusan, kebijakan, supervisi, dan mengembangkan potensi karyawan agar dapat memajukan perusahaan.

5. Administrasi dan Gudang

Yakni orang yang bertugas mengatur keuangan perusahaan dan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan serta mengurus hal-hal yang berhubungan dengan outsourcing.

Biasanya jabatan ini terdiri dari accounting atau akuntan Akuntansi, CMT, dan kasir di perusahaan.

Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan 

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan jika memiliki sistem organisasi yang baik. seperti dijelaskan di bawah ini :

  • Job description karyawan lebih jelas.
  • Koordinasi antar fungsi serta pembagian wewenang dan tanggung jawab antar departemen lebih jelas.
  • Bisa mengurangi konflik internal yang terjadi di dalam perusahaan.
  • Meningkatkan moral dan motivasi kerja karyawan karena adanya jenjang karir yang jelas.
  • Membantu mencapai target perusahaan lebih mudah.

Struktur organisasi sebuah perusahaan harus benar-benar berjalan sesuai fungsinya dan dan optimal agar perusahaan bisa semakin berkembang.

Perusahaan harus memiliki struktur organisasi yang jelas, seperti Struktur organisasi Mayora yang berperan penting dalam perkembangan dan stabilnya sebuah perusahaan tersebut.  

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2022 Kuliner Asik