Skip to main content

Manfaat Merek Dagang Menurut Para Ahli

Kuliner Asik, Merek adalah suatu hal yang perlu untuk sinyal pengenal suatu produksi atau tanda pengenal dalam perdagangan, serta dalam pemakaian merek telah dikenal semenjak zaman revolusi industri pada pertengahan abad XVIII, manfaat merek adalah bertujuan untuk mempekenalkan suatu benda yang di poduksi oleh perusahaan agar produk yang di hasilkan oleh suatu prusahaan dapat diketahui asal mula produk tersebut dengn kata lain pengenal suatu produk dari perusahaan tersebut.


Manfaat Merek Dagang
manfaat merek dagang


Manfaat Merek Dagang


Brand ialah sinyal yang berupa gambar, nama, huruf, kata, angka-angka, atau kombinasi dari beberapa unsur itu yang memiliki daya pembeda serta digunakan dalam pekerjaan perdagangan barang atau jasa. (menurut UU No. 15 Thn 2001 ) Brand dapat di bedakan dalam bebeapa jenis, antara lain :

Brand Dagang : brand digunakan pada baarang yang di perdagangkan oleh seorang/badan hukum untuk membedakan dengan barang sejenis.

Brand layanan : brand di gunakan pada layanan yang diperjual-belikan oleh seseorang/beberapa orang/badan hukum untuk membedakan dengan layanan sejenis.

Brand Kolektif : brand digunakan pada barang/jasa dengan karaktristik yang sama yang di perdagangkan oleh bebeapa orang/badan hukum secaa bersama untuk membedakan barang/layanan sejenisnya.

Sedang pemahaman dari Hak Brand ialah hak ekslusif yang diberikan oleh negara pada pemilik brand tercatat dalam perincian umum brand untuk jangka waktu khusus dengan menggunkan sendiri brand itu atau memberi izin pada pihak lain untuk menggunakanya brand itu.


Peranan Brand


Peranan pembeda, yakini membedakan peroduk yang satu dengan peroduk perusahaa lain
Peranan agunan reputasi, yakini kecuali tanda asal mula produk, dengan cara pribadi menyambungkan reputasi produk bermerek tesebut dengan produsenya, sekaligus juga memberikan memberikan jaminan kualitas akan peroduk itu.

Peranan promo, yakini brand dipakai untuk fasilitas mengenalkan serta menjaga reputasi produk lama yang di perdaggangkan, sekaligus juga untuk menguasai pasar.

Peranan rangsangan investasi serta pertumbuhan industri, yakini brand bisa menunjang petumbuhan industri melalui penanaman modal, baik asing atau dalam negeri dalam hadapi proses pasar bebas yang telah dihadapi sekarang.

Peranan brand bisa dilihat dari sudut produsen, pedagang serta konsumen. Dari sisi produsen brand dipakai untuk jaminan nilai hasil produksinya, khususnya tentang kualitas, selanjutnya pemakaianya, dari pihak pedagang, brand di pakai untuk promosi beberapa barang dagangannya buat cari serta meluaskan pasaran, dari pihak konsumen, brand di pakai untuk membuat pilihan barang yang akan di beli oleh konsumen.

Tujuan suatu brand adalah bisa mempertahakan penjualan produksi serta memperhitungkan terjadinya insiden yang tidak dikehendaki misalnya penipuan, serta hal-hal lain yang bisa merusak suatu perusahaan tersebut .

Brand adalah suatu hal yang tentunya tidak asing di telinga kita, karena brand jadi salah satunya alasan penting saat kita akan membeli suatu produk. Lalu, tahukah anda apakah yang dimaksud dengan Brand itu? Silahkan kita ulas dalam artikel ini. Agar cara membuat merek menjadi mudah silahkan hubungi Patendo.


Pemahaman brand menurut David A. Aaker


brand ialah nama atau simbol yang bersifat membedakan (baik berbentuk simbol, cap/kemasan) untuk mengidentifikasikan barang/jasa dari seorang penjual/kelompok penjual khusus. Sinyal pembeda yang dipakai suatu badan usaha untuk penanda jati dirinya serta produk barang atau jasa yang dibuatnya pada konsumen, serta untuk membedakan usaha itu atau barang atau jasa yang dihasilkannya dari badan usaha lain.

Kecuali pemahaman brand ada pula beberapa fungsi kenapa harus mendaftarakan brand anda. Berikut fungsi-fungsi brand yang perlu anda ketahui:

Sinyal pengenal untuk membedakan hasil produksi yang dibuat seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau tubuh hukum dengan produksi seseorang atau tubuh hukum yang lain.

  1. Untuk alat promo, hingga mempromosikan hasil produksinya cukup hanya menyebutkan mereknya.
  2. Untuk jaminan atas mutu barangnya.
  3. Menunjukkan asal barang/jasa dibuat.

Kecuali beberapa fungsi brand ada juga beberapa fungsi pendaftaran brand yang perlu anda ketahui:

  • Untuk alat bukti bagi pemilik yang berhak atas brand yang didaftarkan.
  • Untuk dasar penampikan pada brand yang sama keseluruhnya atau sama pada pokoknya yang dimohonkan pendaftaran oleh orang lain untuk barang/jasa semacam.

Untuk dasar untuk mencegah seseorang memakai brand yang sama keseluruhan atau sama pada pokoknya dalam peredaran untuk barang/jasa sejenis. Untuk pendaftaran merek dagang silahkan hubungi kami.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Copyright©2022 Kuliner Asik