Kuliner Mak Nyus Khas Jalur Selatan yang Wajib Kamu Coba Saat Mudik


Kulinerasik.com - Setelah kemarin kita membahas kuliner khas Pantura, kali ini kulinerasik akan membagikan informasi tempat-tempat makan yang mak nyus di jalur selatan yang bisa kamu coba saat mudik. Tak beda jauh dengan dengan kuliner khas Pantura, kuliner khas Jalur Selatan juga terkenal lezat dan menggoyang lidah.

Mengingat kondisinya yang sangat strategis, melewati Bandung, Garut, Tasik, hingga Ciamis, tak mengherankan jika di sepanjang jalur selatan banyak ditemukan rumah makan. Sejumlah tempat kuliner yang bisa disinggahi para pemudik sambil beristirahat. Ada yang menyajikan makanan ala Sunda ada pula yang menyajikan makanan khas Jawa. Rasanya sangat khas banget di lidah. Berikut ini kuliner Jalur Selatan yang bisa kamu coba saat mudik lebaran:

Sate Galunggung, Pangandaran
Sate Galunggung Pangandaran
Sate Galunggung sangat terkenal di Pangandaran karena warung ini sudah ada sejak tahun 70’an. Warungnya saat ini dikelola olah cucu dari pendahulu pemilik kedai ini. Warung Sate Galunggung menyediakan sate ayam dan kambing dengan bumbu kacang yang menjadi kunci kelezatan sate yang laris dan legendaris ini. Disini juga tersedia sop kambing, sapi, dan buntut yang tak kalah mak nyus rasanya.

Yutuk Goreng, Cilacap

Yutuk atau biasa disebut undur-undur laut ini memiliki habitat di pesisir pantai selatan Indonesia. Yutuk dioleh dengan cara digoreng biasa atau dibuat peyek warga Cilacap. Rasanya gurih dan bisa jadi oleh-oleh saat mudik ke kampung halaman.

Sate Ambal, Kebumen

Sate Ambal menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya, cara membakarnya menggunakan arang batok kelapa. Sebelum dibakar daging tersebut dibumbui dengan rempah lengkap, kecap manis serta gula merah. Inilah yang bikin rasa sedapnya meresap hingga bagian terdalam. Warung yang terkenal adalah Kedai Sate Ambal Pak Kasman yang sudah ada sejak tahun 1970 an.

Mie Level 100 Cabai, Yogyakarta
Mie Level 100 Cabai
Mendengar namanya pasti kamu sudah bisa membayangkan rasa pedasnya sajian indomie goreng yang dicampur dengan uleg-an 100 cabai rawit merah yang identik dengan rasa pedas. Yang pasti rasanya bikin panas dan berkeringat, selain itu juga bisa membuat bibir terbakar lho. Jadi disarankan harus benar-benar persiapan jika menyantapnya. Kuliner ini pas banget saat kantuk tak bisa ditahan, selain juga harus istirahat. Bertempat di Jalan STM Pembangunan 13B, Mrican, Yogyakarta, kedai ini selalu ramai oleh pengunjung. Mulai pukul 12.00 – 19.00 WIB kedai ini tak pernah sepi.

Ayam Lodho, Tulungagung
Ayam Lodho Khas Tulungagung 
Kuliner unik khas Jawa Timur ini terletak pada kuah santan yang kental. Rasanya gurih dan enak dengan pedasnya cabai plus aroma bakar yang wangi. Semakin mantab jika dinikmati dengan nasi putih yang hangat! Kamu bisa mencicipi Ayam Lodho ini di Warung Lama yang berdiri sejak tahun 1925 di Jl. KH Zainul Arifin 45B Malang, Jawa Timur

Mi Ongklok Pak Muhadi, Wonosobo
Mi Ongklok Pak Muhadi
Memasuki Jawa Tengah, pemudik disarankan untuk mampir di daerah Wonosobo. Di sana ada tempat makan bernama Mi Ongklok Pak Muhadi. Mi Ongklok menyediakan mi rebus khas Wonosobo yang disajikan dalam kuah kental. Rasanya lezat, kenyalnya mi dengan gurihnya bumbu membuat lidah pemudik bisa ketagihan. Meski banyak yang menjual mi khas Wonosobo, namun Mi Ongklok Pak Muhadi yang berada di Jalan Jalan Jenderal Ahmad Yani, Wonosobo menjadi favorit.

Sop Senerek Bu Atmo, Magelang
Sop Senerek Bu Atmo
Tiba di Magelang dengan rasa lelah dan lapar, pemudik harus beristirahat sejenak. Pemudik bisa mencari tempat makan atau peristirahatan yang disediakan, tetapi jika ingin menghilangkan lapar dengan masakan berkuah, datanglah ke Sop Senerek Bu Atmo di Jalan Jalan Mangkubumi. Hidangan kuah di sini memang nampak sederhana, hanya terbuat dari daun bayam, wortel, dan kacang merah. Tapi bicara soal rasa, kelezatannya bisa menghilangkan rasa lapar dan lelah pemudik. Kuah ini cocok disantap ketika udara sedang dingin.


RM Mergosari, Ciamis

Ketika pemudik tiba di daerah Ciamis saat menjelang buka puasa atau malam hari, cobalah untuk mampir ke RM Mergosari. Tempat ini menyediakan hidangan khas Sunda, dengan menu andalan ayam goreng serta aneka sambal dan lalapannya yang sangat menggugah selera. Lokasi rumah makan itu terletak di Jalan Raya Cikoneng, atau tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Ciamis, Jawa Barat.

Kamu juga bisa mampir di Ayam Bakar Bambu. Rumah makan ala Sunda di Ciamis, Jawa Barat ini menawarkan hidangan menggiurkan, mulai patin bakar bumbu, gurame bakar cobek, hingga ayam bambu ala Cibiuk. Ayam bambu ala Cibiuk berupa potongan-potongan kecil ayam kampung yang diberi bumbu dan dibungkus daun pisang. Setelah itu dimasukkan ke sebilah bambu, kemudian dibakar. Penyajiannya cukup unik karena potongan bambu ikut dihadirkan. Untuk dapat menikmatinya, kita cukup mengambil bungkusan ayam dalam daun pisang tadi melalui lubang bambu. Untuk menikmatinya di RM Cibiuk Jalan Raya Sindangkasih Nomor 90, Ciamis, Jawa Barat.


Pindang Ikan Mas Mak Ecot Bandung

Selepas pintu Jalan Tol Cileunyi dari arah Jakarta, jalur selatan mulai membentang. Rumah makan pun ramai menyambut. Banyak pilihan di daerah ini, tapi salah satu yang terkenal adalah yang menyajikan menu pindang ikan mas. Layaknya olahan pindang lain, pindang ikan mas yang satu ini juga berwarna cokelat tapi cenderung kehitaman. Dalam satu piring tersaji dua ekor ikan mas. Sekilas, tampilannya kurang menggiurkan. Tapi jangan salah, saat dicoba, daging ikan terasa lunak sampai duri-durinya tak terasa. Bahkan tulang bagian tengah ikan terasa renyah. Lokasinya Mak Ecot 2 Jalan Nagrek KM 36, Kabupaten Bandung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel