10 Tempat Wisata Eksotis di Lombok yang Harus Kamu Kunjungi


Kulinerasik.com - Di Nusa Tenggara Barat terdapat sebuah pulau yang memiliki tempat wisata eksotis yang bisa menghipnotis mata. Yakni Pulau Lombok, letaknya berada di sebelah timur Pulau Bali. Pulau Lombok menawarkan berbagai tempat wisata yang tak kalah eksotis dengan Pulau Bali.
Tempat wisata di Pulau Lombok sudah terkenal dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut kami rangkum 10 tempat wisata nan eksotis di Pulau Lombok  yang harus kamu kunjungi sobat kulinerasik.

1. Gili Trawangan
Gili Trawangan
Gili Trawangan adalah sebuah pulau yang memiliki tempat wisata yang indah di Lombok. Disekitar Pulau Lombok ini terdapat 3 buah gili atau pulau kecil yang letaknya saling berdekatan, ketiga pulau tersebut adalah Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Dan Gili Trawangan merupakan Gili yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena alamnya yang eksotis nan indah. Terdapat pantai yang putih bersih serta taman lautnya yang sangat menakjubkan.

2. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
Wisata alam Gunung Rinjani termasuk gunung tertinggi  kedua di Indonesia setelah Puncak Jayawijaya. Ketinggiannya mencapai 3,700 meter, biasanya diperlukan waktu sekitar 4-5 hari untuk mencapai puncak Gunung Rinjani. Buat para pendaki akan menjadi kebahagiaan tersendiri jika dapat mencapai puncak Gunung ini. Pemandangan alamnya yang sangat mempesona dan indah, di puncak Gunung Rinjani terdapat segara anak, yaitu sebuah danau kawah di puncak gunung.

3. Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok
Ternyata Pantai Kuta bukan hanya terdapat di Pulau Bali, namun di Lombok pun juga ada. Pantai Kuta Lombok merupakan wisata pantai yang sangat eksotis, lokasinya terletak di Desa Kuta, Mataram NTB. Karena ombaknya yang sangat tenang, disini kamu bisa memancing, menyelam, snoorkling.

4. Pantai Senggigi
Pantai Senggigi
Pantai Senggigi termasuk wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai ini memiliki bibir pantai yang panjang serta hamparan pasir putih yang yang indah. Ombaknya pun sangat tenang sehingga sangat cocok untuk spot Snoorkling dan berenang.

5. Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong
Wisata ini memang selalu menjadi destinasi para wisatawan karena keindahannya. Pura Batu Bolong letaknya berdekatan dengan wisata Pantai Senggigi. Disebut Pura Batu Bolong dikarenakan ditempat ini berdiri sebuah pura diatas batu karang yang besar, batu karang ini memiliki lubang di bawahnya. Hampir mirip dengan Pura Tanah Lot di bali. Momen yang tepat untuk menikmati indahnya Pura Batu Bolong adalah saat matahari terbit atau tenggelam di sore hari.

6. Taman Narmada
Taman Narmada
Taman Narmada merupakan bangunan sejarah yang dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727. Dijadikan sebagai tempat untuk peristirahatan para raja dan sebagai tempat pelaksanaan upacara-upacara resmi kerajaan. Lokasinya berada di Desa Lembuak atau sekitar 10 kilometer dari Kota Mataram sebelah timur. Taman Narmada sekarang menjadi tempat wisata yang menarik, karena disini kamu dapat menyaksikan tamanpeninggalan kerajaan dan menikmati keindahan bangunan yang megah. Disini juga terdapat sumber mata air yang dipercaya penduduk sekitar dapat membuat awet muda bagi orang yang meminumnya.

7. Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile
Wisata Air Terjun Sendang Gile atau disebut juga Air Terjun Sendang Gila terletak di Desa Senaru atau di kawasan Gunung Rinjani. Jaraknya dengan Kota Lombok adalah sekitar 60 km. Mata air disini juga dipercaya dapat menambah awet muda oleh masyarakat sekitar.

8. Batu Layar
Air Terjun Sendang Gile
Batu Layar adalah sebuah makam yang terdapat di Kecamatan Batu layar, Kabupaten Lombok Barat. Lokasi wisata religi Makam Batu Layar tepatnya berada di kawasan wisata Pantai Senggigi. Menurut keterangan dari masrarakat setempat di tempat ini terdapat makam dari seorang tokoh bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami. Tokoh yang berperan dalam penyebaran agama Islam di Lombok.

9. Pantai Sekotong
Pantai Sekotong
Keindahan Pantai Sekotong di Lombok membuat pantai ini selalu ramai  dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai yang terletak di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara barat ini mempunyai hamparan pasir yang sangat eksotis.

10. Hutan Monyet Pusuk
Hutan Monyet Pusuk
Wisata Hutan Monyet Pusuk terdapat ratusan monyet yang hidup secara liar. Disarankan jika berkunjung ketempat ini harap berhati-hati karena monyet yag hidup liar ini sering bermain di jalan dan tak jarang pula menyerang para pengunjung.

Nah, bagi kamu yang ingin liburan di Lombok, tempat-tempat wisata ini bisa kamu masukkan ke list liburan kamu ya.

Click to comment