Mengenang Museum Jamu Nyonya Meneer, Belajar Meracik Jamu di Tempat Ini


Kulinerasik.com – Penikmat minuman tradisional terutama jamu, wajib berwisata dan berkunjung ke Museum Jamu Nyonya Meneer yang berada di Jalan Raya Kaligawe KM 4 Semarang. Museum jamu Nyonya Meneer di dirikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 18 Januari 1984 , untuk mengahargai Nyonya Meneer karena keahliannya mengolah jamu. Nyonya Meneer sendiri adalah tokoh terkenal yang melestarikan jamu minuman asli dari Indonesia, keahlian Nyonya Meneer dalam meracik jamu sudah dipunyainya sejak kecil. Dimuseum jamu ini anda akan mendapatkan pelajaran yang tidak terdapat dimanapun, anda akan mendapatkan pelajaran membuat jamu dari koleksi-koleksi yang ada dimuseum ini.
Mengenang Museum Jamu Nyonya Meneer, Belajar Meracik Jamu di Tempat Ini 
Di museum Nyonya Meneer ini terbagi menjadi dua bagian, diruangan pertama terdapat berbagai macam replika cara pembuatan jamu dan cara peracikannya, anda akan mendapatkan pelajaran terpenting dalam pembuatan jamu disini. Sedangkan ruang kedua, disini akan menemukan berbagai macam koleksi pribadi dari Nyonya Meneer sendiri, mulai dari  foto pribadi beliau, perlatan yang digunakan beliau saat meracik dan membuat jamu. Tempat-tempat jamu yang terbuat dari kuningan, lumpang, alu (tempat untuk menumbuk jamu), botekan (kotak berlaci untuk menyimpan resep jamu), dacin (alat penimbang tradisional), kebayan encim, keramik , perhiasan  dan berbagai macam koleksi lainnya, yang bisa menambah pengrtahuan anda tentang  jamu.
Museum Jamu Nyonya Meneer
Dimuseum ini juga terdapat berbagai macam jenis tumbuhan jamu, tumbuhan inilah yang digunakan Nyonya Meneer untuk menciptakan jamu, beberapa koleksi jamu yang pernah dibuat oleh Nyonya Meneer juga dipamerkan dimuseum ini.  Diruang pembuatan jamu kamu bisa mengetahui proses cara peracikannya, disini anda juga bisa melihat proses pembuat jamu secara nyata dengan diprakterkan wanita yang memang khusus ditempatkan di museum iini untuk meracik jamu sebagai pengetahuan pengunjung yang datang.

Sayangnya museum ini sudah tutup sejak pabrik jamu Nyonya Meneer dinyatakan pailit. Ketika masih ada aktifitas, museum jamu yang sudah ada sejak 1984 itu buka hari Senin-Jumat pukul 10.00 - 15.30 WIB. Tiket masuknya gratis, wisatawan juga akan diberikan pengenalan sejarah berdirinya Nyonya Meneer sejak tahun 1919.

Click to comment