Kuliner Negeri Asal Upin Ipin yang Rasanya Mak Nyus Banget!


Kulinerasik.com - Negara Malaysia adalah negara serumpun dengan Indonesia, baik dari segi kultur dan bahasa hampir sama dengan kita. Negara asal tokoh kartun Upin Ipin ini juga termasuk ke dalam wilayah Asia Tenggara, Etnis penduduk Malaysia terdiri dari tiga etnis utama, yaitu Melayu, India, dan Cina. Karena itulah kuliner disana dipengaruhi oleh tiga etnis itu.

Banyak kuliner asal Malaysia yang rasanya mak nyus banget, jika kamu berkunjung kesana jangan lupa untuk mencicipi salah satunya. Apa saja kuliner negeri asal Upin Ipin yang rasanya nikmat dan enak? Berikut rangkumannya!

1. Char Kway Teow
Char Kway Teow
Karena serumpun dengan Indonesia, tak heran jika kulinernya hampir mirip dengan kuliner-kuliner asal Indonesia. Di Malaysia juga ada makanan sejenis kwetiau yang bernama char kway teow. Makanan ini adalah Kwetiau yang digoreng pada wajan dengan bahan pelengkap yang menyehatkan seperti telur, udang, kerang, daun kucai, sosis, bakso ikan, dan tauge.

Bumbunya pun juga tak jauh berbeda dengan kwetiau di Indonesia, antara lain bawang putih, kecap manis, kecap ikan, dan sambal. Kuliner Char kway Teow sangat enak dan terbuat dari bahan-bahan penuh gizi, tapi kandungan lemaknya juga banyak. Jadi jangan terlalu banyak menyantap hidangan ini ya!

2. Ayam Percik
Ayam Percik
Ayam percik adalah kuliner asal Malaysia yang diolah dari berbagai jenis rempah dan ayam. Ada dua Ayam Percik yang popular di Malaysia,yakni ayam percik Kelantan dan Trengganu. Ayam percik kelantan berbeda dengan ayam percik trengganu. Jika ayam percik Kelantan menggunakan saus dan bumbu dari campuran santan dan sejumlah rempah, sedangkan ayam percik Trengganu dibuat dengan tambahan bumbu cabai sehingga rasanya lebih pedas dan nikmat banget.
Cara mengolahnya dengan cara merendam ayam ke dalam bumbu untuk kemudian dipanggang hingga sedikit hangus. Waktu dipanggang ayam diberi bumbu tambahan dengan cara dipercik hingga dijuluki dengan nama ayam percik.

3. Kolo Mee
Kolo Mee
Kuliner mie ayam yang banyak kita jumpai di Indonesia juga banyak lho di negeri Upin Ipin. Nah mie ayam ala Malaysia disebut dengan kolo mee. Kolo mee termasuk hidangan khas Malaysia yang berasal dari daerah Kuching, Sarawak. Kuliner ini berasal dari kerajaan di Cina tempo dulu, ketika itu mie dihidangkan bersama daging babi. Karena banyaknya imigran asal Cina yang bermukim di Malaysia, kolo mee akhirnya dibuat dengan daging sapi. Kolo mee termasuk makanan yang popular disini dan mudah ditemukan.

4. Nasi Lemak
Nasi Lemak
Kuliner Nasi Lemak berasal dari Nasi Wang yang dimasak dengan santan kemudian untuk lauknya dipadu dengan kacang panggang, teri renyah, telur rebus dan yang paling penting adalah sambal pedas manis yang mak nyus banget. Makanan nasi lemak bisa ditemukan kopitiam, restoran Melayu dan juga warung-warung di pinggir jalan.

5. Lok-lok
Lok-lok
Terakhir adalah Lok-lok, yakni makanan ringan favorit warga Malaysia. Makanan Lok-lok adalah potongan daging dan sayuran yang ditusuk seperti sate, kemudian dimasak dengan panci yang panas. Harganya juga murah banget lho!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel