6 Manfaat Minum Jahe Merah, Kamu Harus Tahu!


Kulinerasik.com - Jahe merah yang mempunyai nama latin Zingiber officinale, memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh kita, dan biasanya digunakan sebagai bahan baku obat-obatan.
6 Manfaat Minum Jahe Merah, Kamu Harus Tahu!
Didalam jahe merah terdapat kandungan zat gizi, fitonutrien dan minyak atsiri. Sehingga membuat fungsi utama yang sudah ada pada jahe, yakni kandungan antioksidan, antiemetik, hingga antibakteri dan peradangan, lebih optimal kadarnya pada jahe merah.

Apa Saja Manfaat Jahe Merah untuk Tubuh Kita?

1. Menghilangkan Mual

Jahe memang dikenal sebagai penghilang mual dan pencegah mabuk laut. Minum air jahe bisa untuk meredakan mual dan muntah.

2. Meredakan Nyeri dan Sakit

Gingerol dan fenol, senyawa kimia yang terdapat dalam jahe, berfungsi sebagai antinyeri yang bisa meredakan rasa sakit. Keduanya mempunyai khasiat untuk meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga.

3. Melawan Osteoarthritis

Minum air jahe dengan rutin dapat membantu mencegah peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik. Karena terdapat komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron. Dan berfungsi menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Jahe merah juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

4. Kaya Antioksidan

Jahe merupakan sumber antioksidan tinggi dan bisa melindungi Anda dari efek buruk radikal bebas. Karena tubuh juga bisa terpapar radikal bebas dari lingkungan yang ada di sekitar, seperti paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, polusi udara dari asap knalpot, bahan kimia industri, serta makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari.

5. Mengendalikan Kadar Gula

Jahe mempunyai khasiat untuk menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur respon insulin pada penderita diabetes.

6. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, minum rutin air jahe panas setelah sarapan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama daripada hanya makan pagi saja. Selain itu jahe dapat membantu mengurangi nafsu makan.
Sebuah studi mengatakan bahwa jahe merah terdapat kandungan yang mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak.

So, mulai sekarang jangan ragu untuk minum jahe merah ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel