Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Tempat Wisata di Bojonegoro yang Populer

Kuliner Asik - Kabupaten Bojonegoro adalah kota yang terletak di bagian utara Jawa Timur, Kota yang berbatasan dengan Kabupaten Nganjuk, Ngawi, Blora dan Tuban ini memiliki banyak lokasi wisata yang layak anda kunjungi. 

Tempat Wisata di Bojonegoro
Tempat Wisata di Bojonegoro

Tempat Wisata di Bojonegoro


Kondisi Topografi Kota Bojonegoro yang dikelilingi perbukitan di bagian selatan dan utara, serta kondisi dataran rendah di sepanjang aliran Bengawan Solo. Kabupaten Bojonegoro menawarkan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut kami rangkum 20 tempat wisata di Bojonegoro yang populer:

1. Waduk Pacal

Tempat Wisata di Bojonegoro

Waduk ini didirikan pada masa penjajahan Belanda yang berdiri sejak tahun 1933, terletak di Desa Kedung Sumber Kecamatan Temayang Bojonegoro sekitar 35 km dari pusat kota, yang digunakan untuk irigasi sawah. 

Lokasi wisata ini menawarkan spot untuk memancing dan berfoto dengan dikelilingi area hutan dan bukit yang masih alami.

2. Kayangan Api

Tempat Wisata di Bojonegoro

Merupakan lokasi wisata api abadi yang diyakini masyarakat peninggalan dari kerajaan Majapahit pada masa Gajah Mada, Api Abadi ini pernah dipakai untuk pengambilan api PON XV pada tahun 2000 yang lalu. Kayangan Api terletak pada kawasan hutan lindung di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro.

Tak Jauh dari lokasi api abadi terdapat  sumur “Blukuthuk” yaitu berupa sumber air yang beraroma belerang, banyak spot yang tersaji di lokasi wisata ini apalagi ditambah dengan kondisi hutan yang masih alami dan segar.

3. Negeri  Atas Angin

Tempat Wisata di Bojonegoro

Terletak di Desa Deling Kecamatan Sekar Bojonegoro, wisata ini termasuk yang paling popular saat ini dikalangan anak muda. 

Selain menampilkan spot pemandangan alam yang tinggi dari tanah sekitar 650m, Anda bisa camping di bukit di Bukit Cinta yang sudah disediakan di sekitar lokasi.

4. Agrowisata Belimbing

Tempat Wisata di Bojonegoro

Lokasi wisata yang berada di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu ini cocok buat pengunjung yang suka wisata petik buah, kamu bisa memetik buah belimbing segar dari mulai ukuran kecil hingga ukuran jumbo, disekitar lokasi juga ada perkebunan jambu Kristal.

Banyak olahan kuliner dari belimbing juga ada disini, hampir di setiap sudut ada lokasi gazebo yang bisa anda manfaatkan dengan keluarga untuk menikmati buah belimbing dan buah jambu Kristal, Selamat mencoba.

5. Wana Tirta Dander

Tempat Wisata di Bojonegoro

Terletak di Desa Dander Kecamatan Bojonegoro, terdapat fasilitas area outbound dan bumi perkemahan, lapangan golf dan kolam renang cocok untuk menghabiskan liburan dengan keluarga.

Salah satu wisata favorit dan popular yang berada di Bojonegoro yang wajib Anda kunjungi.

6. Teksas Wonocolo

Tempat Wisata di Bojonegoro

Wisata ini berada di Desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Bojonegoro, ini merupakan tempat pengeboran minyak secara tradisional, ada sekitar 250 sumur bor minyak bumi yang sudah tidak aktif lagi.

Kata Teksas yang berasal dari singkatan Tekad Selalu Aman dan Sejahtera, lokasi wisata yang hamper mirip dengan Kota Texas di Amerika Serikat.

7. Waduk Grobogan

Tempat Wisata di Bojonegoro

Wisata ini termasuk yang paling populer saat ini, menampilkan banyak spot foto selfie tak heran kalau lokasi wisata ini ramai dikunjungi tiap akhir pekan, menyajikan pemandangan waduk yang di kelilingi pohon jati semakin memberikan kesan menarik kalau berkunjung ke tempat ini

Disekitar menuju lokasi wisata banyak warung yang menyediakan kuliner dan jajanan tradisonal, bertempat di Desa Bendo Kecamatan Kapas Bojonegoro.

8. Bukit Tono

Tempat Wisata di Bojonegoro

Lokasi berada di Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang Bojonegoro, obyek wisata ini menyediakan spot foto yang alami dan asri dan didesain dengan instagramable. 

Banyak disukai kalangan anak muda,rencana di lokasi ini akan dibangun fasilitas camping ground dan taman bunga untuk menambah pilihan spot foto bagi pengunjung.

9. Air Terjun Kedung Maor

Tempat Wisata di Bojonegoro

Lokasi wisata ini terletak di Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Bojonegoro, Air terjun yang dikelilingi oleh hutan jati yang masih rindang, turut mengiringi perjalanan menuju lokasi.

Wisata Air Terjun Kedung Maor menampilkan pemandangan alam yang begitu indah dengan deretan tebing yang luas disertai lingkungan yang sejuk dan air kolamnya yang berwarna kehijauan, aliran air terjun berasal dari Kali Soko dan Waduk Pacal, kedalamannya yang mencapai 7 meter sangat tidak dianjurkan untuk tidak berenang dilokasi, banyak spot foto yang alami di wisata ini.

10. Grojogan Pucangarum

Tempat Wisata di Bojonegoro

Akses kelokasi wisata ini masih sulit dilewati, setidaknya hanya bisa dilalui dengan kendaraan sepeda motor. Lokasi Grojogan Pucangarum berada di Desa Cancung Kecamatan Bubulan Bojonegoro. 

Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 6 meter dengan air yang jernih dan segar ini termasuk kekayaan alam di Bojonegoro yang tersembunyi di balik keindahan alam.

11. Air Terjun Kedung Gupit

Tempat Wisata di Bojonegoro

Wisata air terjun yang berada di Desa Klino Kecamatan Sekar Bojonegoro ini memiliki ketinggian kurang lebih 8 meter yang tersembunyi dibalik bukit. Banyak pilihan spot foto alami, disertai airnya yang jernih membuat kita ingin segera mandi dan bemain air untuk menghilangkan penat. Tapi jangan lupa untuk hati-hati karena banyak tebing yang masih licin di sekitar air terjun.

12. Air Terjun Gua Kikik

Tempat Wisata di Bojonegoro

Obyek wisata ini lokasi di Sumberejo Tinawun Malo Bojonegoro, mempunyaai air terjun yang bertingkat-tingkat , pada air terjun yang pertama dengan ketinggian kurang lebih 3 meter dikelilingi bebatuan yang alami, dan air terjun yang kedua dengan terdiri dari beberapa air terjun kecil dengan susunan batuan kapur, dan air terjun yang ketiga dengan ketinggian kurang lebih 10 meter.

Untuk mencapai air terjun yang ketiga kamu harus mendaki dengan lebih hati-hati karena aksesnya yang sulit dilalui.

13. Air Terjun Krondonan

Tempat Wisata di Bojonegoro

Wisata ini termasuk wisata yang cocok bagi pecinta petualang, untuk mencapai lokasinya kamu harus melalui jalan setapak dan pohon jati dulu, banyak pilihan tempat selfie dengan latar belakang air terjun yang bisa diabadikan, lokasi berada di Desa Krondonan Kecamatan Gondang Bojonegoro.

14. Banyu Kuning

Tempat Wisata di Bojonegoro

Wisata Banyu Kuning terletak di Desa Krondonan Kecamatan Gondang Bojonegoro, mempunyai air yang berwarna kuning yang muncul karena memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, airnya yang hangat membuat banyak orang berendam di wisata yang satu ini.

15. Bendungan Gerak Bojonegoro

Tempat Wisata di Bojonegoro

Obyek wisata ini satu arah dengan Kebun Blimbing Ngringinrejo, bendungan yang membelah sungai Bengawan Solo ini dibangun untuk aliran irigasi dan pengendali debit air.

Cocok dikunjungi pada pagi dan sore hari, terletak di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu Bojonegoro.

16. Watu Gandul

Tempat Wisata di Bojonegoro

Wisata ini menampilkan bebatuan raksasa yang tersusun rapi di perbukitan, wisata Watu Gandul sudah terdaftar di UNESCO sejak 2016.

Akses menuju lokasi wisata ini masih sulit dilalui terletak di Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang Bojonegoro. Di sini anda bisa memilih banyak spot foto selfie berlatar belakang batu-batu raksasa.

17. Taman Rajekwesi

Tempat Wisata di Bojonegoro

Lokasi wisata yang terletak di pusat Kota Bojonegoro ini, menyediakan tempat bermain anak dan fasilitas jogging track.

Disertai dengan taman yang sejuk cocok untuk liburan bersama keluarga dan anak-anak, pastinya wisata yang murah meriah tapi menyenangkan.

18. GoFun Entertainment Complex

Tempat Wisata di Bojonegoro

Salah satu wisata yang paling populer di Bojonegoro, terletak di pusat kota dengan konsep permainan modern yang lengkap mulai dari bianglala, rumah kaca, kereta koboi dan masih banyak lainnya,

Kalau anda berkunjung di malam hari anda akan disuguhkan dengan pemandangan taman yang berwarna-warni dan lampu hias, lokasi wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga maupun pasangan.

19. Masjid Al Birru Pertiwi

Tempat Wisata di Bojonegoro

Masjid ini memiliki bangunan yang sangat indah dan menarik ditambah kubah yang terbuat dari emas, konsep bangunan yang mirip dengan masjid modern di Eropa ini diresmikan pada tahun 2014.

Ber termpat di Desa Dander Kecamatan Dander Bojonegoro, tidak ada salahnya anda mampir ke masjid ini untuk menunaikan ibadah sholat 5 waktu bagi anda yang muslim.

20. Petilasan Anggling Dharma

Tempat Wisata di Bojonegoro

Wisata yang satu ini diyakini sebagai tempat ritual Prabu Angling Dharma, terletak di Desa Wotan Ngare dan dikenal dengan nama Petilasan Angling Dharma.

Yang semakin menarik dari obyek wisata ini lokasinya yang terletak di tengah-tengah sawah yang cukup jauh dari pemukiman warga. Konon katanya Prabu angling Dharma ke tempat ini karena mendapat hukuman dan dikutuk menjadi seekor burung belibis.

Baca juga: 18 Tempat Kuliner di Bojonegoro yang Wajib Anda Kunjungi

 

Penutup


Tak lengkap rasanya jika anda berkunjung di Kabupaten Bojonegoro tanpa mecicipi kulinernya, banyak pilihan kuliner yang populer di kota ini, mulai dari Nasi Pecel Mekar Sari Bu Ninik, Wedang Tape Ketan Hitam, Sate Ayu Padangan, Warung Bebek Cak Kumis, Warung Semok Ikan Gloso dan masih banyak lainnya yang bisa dijadikan destinasi liburan bersama keluarga dan pasangan, Selamat Berlibur.