Skip to main content

5 Makanan Penambah Imun yang Bisa Mencegah Corona

Kuliner Asik, Makanan Penambah Imun - Menjaga imunitas tubuh penting selama masa pandemi COVID-19. Nah, salah satu cara paling baik untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan menerapkan pola makan bergizi.

Makanan Penambah Imun

Makanan Penambah Imun yang Bisa Mencegah Corona

Pasalnya, dengan mengonsumsi makanan bergizi dapat menjaga sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi secara optimal. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat, Anda bisa terlindungi dari berbagai macam penyakit, termasuk dari virus corona atau COVID-19. 

Berikut ini adalah makanan penambah imun untuk mencegah corona sambil menunggu vaksin corona:

1. Jahe 

Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga membantu mengurangi terjadinya sakit tenggorokan dan penyakit radang. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, jahe juga terbukti bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan diantaranya sebagai berikut: 

  • Mengatasi mual 
  • Mengurangi nyeri kronis 
  • Memiliki sifat penurun kolesterol.

2.Yoghurt

Yoghurt adalah makanan yang mengandung probiotik alami yang bisa membantu pembentukan bakteri baik dalam tubuh Anda. 

Anda bisa meemilih yoghurt tanpa rasa daripada yoghurt yang diberi rasa dan kaya akan gula. Kamu bisa membuat yoghurt tawar kamu menjadi manis dengan buah-buahan sehat dan sedikit madu.

3.Kunyit

Kunyit dikenal akan sifat antioksidan dan antiinflamasi. Inilah mengapa kunyit sudah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati penyakit akibat peradangan, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. 

Warna khas pada kunyit yakni kurkumin adalah senyawa yang sangat manjur untuk membantu penyembuhan luka dan infeksi. Senyawa tersebut membantu mengurangi kerusakan otot akibat berolahraga. 

4.Bawang Putih

Bawang putih juga termasuk makanan anti-virus alami yang bisa memberikan perlindungan dari flu musiman. 

Selain itu, konsentrasi tinggi akan senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin, juga membuat bawang putih bisa membantu menambah kekebalan tubuh. 

5.Buah-buahan Asam

Vitamin C dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh kamu. Orang yang sudah terinfeksi COVID-19 kadang-kadang juga diberikan vitamin C melalui intravena.

Vitamin C dapat ditemukan pada hampir semua buah-buahan asam, seperti jeruk, jeruk nipis, jeruk lemon, dan grapefruit. Namun, karena tubuh tidak bisa memproduksi atau menyimpannya, Anda perlu mengonsumsi vitamin C setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Jumlah harian yang direkomendasikan untuk wanita dewasa adalah 75 miligram, dan 90 miligram untuk pria dewasa.

Baca juga : Tips Makanan Sehat untuk Penderita COVID-19

Nah, itulah 5 makanan penambah imun yang diyakini dapat mencegah corona. Selain vaksin, tentu pola makan yang sehat dan benar bisa meningkatkan imunitas di tubuh kita.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar