Menikmati Kelezatan Ayam Goreng Mbah Karto, Kuliner Solo Favorit Pak Jokowi

Kulinerasik.com - Presiden Jokowi memang terkenal sebagai sosok bangsawan yang senang mempromosikan kuliner nusantara, apalagi kuliner dari daerah kelahirannya Solo. Kuliner Solo yang memiliki cita rasa spesial memang selalu memanjakan wisatawan yang berkunjung. Mulai dari timlo sastro, tengkleng, nasi pecel, hingga serabi Solo.
Pak Jokowi dan Keluarga saat Menikmati Ayam Goreng Mbah Karto
Ayam goreng Mbah Karto juga termasuk kuliner favorit Pak Jokowi, tiap kali beliau mudik ke Solo selalu  menyempatkan untuk mampir ke warung ini. Rumah makan yang terkenal dengan ayam kampung dan aneka sambalnya ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Bahkan warung makan ini sudah jadi langganan Jokowi sejak menjadi Wali Kota Solo. Saat ini warung makan ayam goreng Mbah Karto dikelola oleh generasi kedua dari Mbah Karto.

Namun, menu dan racikan bumbu yang dihidangkan masih sama seperti dulu. Hal inilah yang membuat pelanggan setianya, termasuk Pak Jokowi selalu mampir ke warung Mbah Karto. Rumah makan ini memang cukup sederhana, dengan konsep adat Jawa. Ruang makan utamanya berbentuk pendopo kayu, meja dan kursi juga terbuat dari kayu seperti warung makan pada umumnya.

Keunggulaan Ayam Goreng Mbah Karto dari Yang Lain

Nikmatnya ayam kampung di sini dipengaruhi oleh pemilihan ayam hingga teknik bumbunya. Ayam kampung yang disajikan memang pilihan dari ayam yang usianya cukup muda. Warung ayam goreng Mbah Karto menggunakan ayam kampung usia tiga bulan. Dari ayam yang  masih muda itu dibumbui bacem, bawang putih, dan rempah, lalu diungkep di atas api kayu bakar. Inilah teknik membumbui yang konon menjadi kunci kelezatan ayam sebelum digoreng. Dan yang membedakan rasa ayam goreng Mbah Karto dari warung lainnya.
Ayam Goreng Mbah Karto dengan Sambal Blondho
Seporsi hidangan ayam goreng kampung kemudian disajikan dengan nasi putih, urap sayur, lalapan, dan sambal. Ada banyak varian sambal disini, mulai dari sambal blondho, sambal bawang dan lainnya. Sedangkan sambal kesukaan Presiden Jokowi adalah sambal blondho, sambal ini memang jadi menu andalan di warung Mbah Karto. Sambal yang terbuat dari ampas minyak yang dihasilkan dari endapan santan kental atau areh yang matang, lalu dicampur sambal bawang. Sambal ini berwarna agak kehitaman, namun rasanya gurih, sedikit manis, bercampur pedasnya sambel bawang yang melekat dilidah. Sambal blondho sangat cocok jadi cocolan ayam kampung goreng yang hangat dan gurih.

Warung Mbah Karto selalu ramai tiap hari diserbu pengunjung, apalagi menjelang akhir pekan.

Minuman Tradisonal di Warung Mbah Karto

Selain menyediakan menu favorit ayam goreng, disini juga tersedia minuman tradisional khas Jawa, seperti es beras kencur, es kunyit asam, es jeruk, es tape, dan banyak lainnya. Menikmati ayam goreng yang gurih semakin lengkap dengan minuman tradisionalnya.

Untuk harga seporsi ayam goreng Mbah Karto juga relatif terjangkau. Satu porsi ayam goreng kampung dengan lalap urap bisa dibeli seharga Rp 20.000. Sedangkan minuman tradisonal mulai dari harga Rp. 5.000 saja.

Jika ingin mencoba kenikmatan ayam goreng Mbah Karto, kalian bisa mampir di Jalan Jaksa Agung Raya Suprapto No.8, Jombor, Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. atau sekitar 10 kilo dari Kota Solo terletak di depan kantor PLN.

Kuliner Solo memang istimewa, mau coba?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel