√ Daftar Wisata di Lembang Yang Populer Tahun 2019

Kulinerasik.com - Bingung dengan rencana liburan akhir pekan? Mencari tempat wisata terbaik untuk berlibur? Lembang tempatnya, sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan yang berjarak sekitar 22 Kilometer dari ibu kota. Pusat pemerintahannya berada di Desa Lembang, kawasan Lembang memiliki keindahan alam yang hakiki. Selain keindahana alamnya, banyak pilihan objek rekreasi di kawasan yang berlokasi di sebelah utara Kota Bandung ini yang harus kamu kunjungi.

Mau tau apa saja tempat wisata di Lembang yang paling populer tahun 2019?

1. Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu sering berhubungan dengan legenda Sangkuriang serta Dayang Sumbi. Tetapi, sebetulnya, gunung tersebut tercipta secara natural dari susunan lava yang membeku serta pula diselimuti batu apung, tephra, dan abu vulkanik. Walaupun terdengar mengerikan, lanskap alam Tangkuban Perahu sangatlah indah.

Seluruh keindahan itu nampak dari sebagian kawah Tangkuban Perahu. Cekungan di gunung tersebut membentuk danau belerang dengan corak air kehijauan. Sesekali, nampak kabut putih menyelimuti hawa di atasnya. Tetapi, tidak sedikit juga kurangi kecantikan kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu menyuguhkan 9 kawah yang mempunyai karakteristik khas berbeda. Walaupun begitu, seluruhnya nampak menawan. Misalnya, Kawah Ratu, kepundan terbanyak di Tangkuban Perahu. Corak air belerangnya cenderung berwarna biru, meski terdapat polesan hijau di sebagian.

2. Pemandian Air Panas Ciater
Pemandian Air Panas Ciater
Lokasi pemandian tersebut ini ada di perbatasan Bandung dan Subang.  Hanya butuh waktu 20 menit jika berangkat dari Lembang menuju tempat wisata ini. Aksesnya juga sangat mudah sehingga kita bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan.

Luas Pemandian Air Panas Ciater adalah sekitar 30 hektare dengan fasilitas kolam dan kamar rendam. Kondisi air di tempat wisata ini bisa mencapai 45 derajat Celcius, dan airnya bersumber dari Gunung Tangkuban Perahu. Kandungan belerangnya mampu mengembalikan kesegaran tubuh, menyembuhkan berbagai penyakit kulit, serta merelaksasi pikiran. Disini juga terdapat fasilitas outbond. Jenis permainan populer disini antara lain arung jeram dan flying fox. Selain itu, tersedia juga kolam pemancingan, sarana olahraga, dan restoran.

3. Taman Kupu-kupu
Taman Kupu-Kupu Lembang, Bandung
Taman Kupu-kupu Lembang adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan pesona hewan kupu-kupu yang indah. Berjarak dari pusat Lembang ke lokasi wisata ini sekitar 14 km, tepatnya di Jalan Cihanjuang, Desa Cibaligo. Cukup butuh waktu 40 menit untuk tiba di tempat wisata di Lembang ini.

Taman Kupu-kupu dibangun di atas lahan seluas 1,7 hektare, dengan konsep bangunan yang artistik dan instagrammable. Hampir sekitar 300 kupu-kupu berdiam di kawasan ini. Hewan kecil yang identik dengan keindahan sayapnya ini tinggal di sebuah taman berlapis jaring-jaring. Tempat wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi swafoto pre-wedding sekaligus pesta pernikahan.

4. De Ranch
De Ranch, Lembang Bandung
De Ranch adalah tempat yang menawarkan wisata di peternakan kuda. Selain menyediakan sarana berkuda ala koboi, De Ranch juga dilengkapi dengan aneka wahana permainan mulai dari trampolin, the gold hunter, balon air, panahan, hingga flying fox. Untuk anak-anak, disediakan permainan mancing, kidtrik, peti luncur, dan loncat anak.

Ada beberapa pilihan wahana seperti zona kuda tunggang, kuda poni, dan delman. Selain itu, terdapat permainan panahan dan latihan memerah susu sapi. Lokasi wisata De Ranch Lembang ada di Jalan Maribaya No.17, sekitar 200 meter dari kawasan pasar Lembang. Buka setiap hari Senin-Jumat pada pukul 09.00-17.00 WIB. Sementara saat akhir pekan atau tanggal merah, tempat wisata ini dibuka dari jam 08.00 WIB.

5. Bandung Treetop Adventure Park
Bandung Treetop Adventure Park
Ingin berwisata dengan penuh tantangan? Bandung Treetop Adventure Park tempatnya, sebuah kawasan rekreasi alam sekaligus zona outbond. Tempat wisata ini menawarkan sejumlah permainan penuh tantangan. Terdapat enam sirkuit yang disediakan di sini, yaitu Yellow, Dicovery, Blue, Orange, Red, dan Black. Khusus Yellow Sirkuit hanya untuk anak-anak berumur minimal 4 tahun, karena tinggi lintasan ini hanya sekitar 2 meter dari permukaan tanah. Sirkuit lainnya hanya boleh dipakai orang dewasa saja.

Lokasinya berada satu arah dengan Bumi Perkemahan Cikole, Lembang.  Tempat wisata ini buka setiap hari mulai jam 8.00-17.00 WIB.

6. Farm House Lembang
Farm House Lembang, Bandung
Terletak di jalur utama Bandung-Lembang, Tempat wisata Farm House menjadi salah satu wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. karena letaknya sangat strategis. Farm House menawarkan konsep wisata khas Eropa. Terdapat spot swafoto yang Instagramable. Salah satu spot foto favorit di Farm House adalah rumah hobbit. Meskipun ukurannya kecil, desain hunian ini tampak unik. Seluruh bangunan berbahan kayu dan batu dengan sebuah taman khas Eropa di bagian depan. Karena itu, berfoto di sini serasa berada di negeri para hobbit.

Disini juga ada kandang kelinci dan burung. Para pengunjung diperbolehkan untuk berinteraksi dengan binatang tersebut. Dari mulai memberi makan, menyentuh, hingga berfoto bersama.

7. The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya, Lembang
Tempat wisata ini menawarkan 7 wahana. Mulai dari wahana Hot Air Balloon; sebuah spot foto setinggi 6 meter dengan latar belakang hutan pinus nan hijau. Hingga Sky Bike dan Sky Wing dengan lintasan berupa tali di udara.

Zona Paralayang pun tidak kalah menariknya, para pengunjung bisa berfoto seolah terbang di udara. Selain itu, terdapat wahana swafoto Sky Tree dan Bamboo. Bentuknya berupa gardu pandang di puncak pohon pinus.

The Lodge Maribaya terletak di rute Lembang-Maribaya-Cibodas. Kawasan wisata alam ini terletak di Jalan Maribaya No.149/252, Kampung Babakan, Cibodas. Sangat disayangkan, lokasinya tidak bisa dijangkau angkutan umum, sebaiknya menggunakan transportasi online atau kendaraan pribadi jika berkunjung kesini.

8. Wisata Grafika Cikole

Wisata dengan area seluas 9 hektare ini menyajikan tempat wisata berupa hutan pinus, wahana outbond, dan penginapan. Wisata Grafika Cikole terletak di ketinggian 1.400 mdpl, udara di sini sangat dingin dan sejuk. Konsep bangunannya sangat unik, dengan mengusung gaya vintage, seluruh hunian dibuat dari bahan kayu. Atmosfer di sekitar tempat wisata di Lembang ini sangat mirip dengan kondisi pedesaan.

Grafika Cikole memiliki wahana outbond yang dikelompokkan berdasarkan kebutuhan, yaitu reguler dan classified. Untuk jenis reguler, tersedia 11 permainan. Salah satunya adalah permainan tradisional, semisal makan kerupuk, balap karung, dan tangkap belut. Sementara itu, classified outbond terbagi menjadi tiga, yaitu outbond anak-anak, sekolah, serta dewasa.

9. Jendela Alam

Jendela Alam merupakan kawasan wisata yang cocok untuk edukasi anak-anak. Di tempat wisata di Lembang ini, mereka bisa bermain, berekreasi di alam bebas, sekaligus belajar. Lokasinya di Kompleks Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri Kilometer 4,5 Cihideung.

Terdapat beberapa wahana yang disuguhkan di wisata ini, antara lain Jendela Petualangan, Tumbuhan, Hewan, dan Bermain. Ada juga Kedai Alam yang unik, dengan menyuguhkan kuliner khas Sunda, makanan tersebut disajikan bersama sayuran organik dari kebun di 
Jendela Alam.

10. Imah Seniman

Mengunjungi kawasan Imah Seniman serasa masuk ke dunia seni nan artistik. Tempat wisata di Lembang yang mempunyai luas lahan 15 hektare ini, mengusung konsep unik khas etnik. Bangunannya didesain sedemikian kreatif dan memiliki nilai seni tinggi.

Karena berada di bawah manajemen Sapulidi Lembang, tema wisata yang ditawarkan tidak 
jauh berbeda. Bisa dikatakan, Imah Seniman adalah replika Sapulidi Lembang dalam ukuran yang lebih kecil. Kawasan ini menghadirkan galeri seni, area outbond, kolam pemancingan, restoran, serta penginapan bergaya tradisional.

11. Pine Forest Camp Lembang

Pine Forest Lembang adalah salah satu bumi perkemahan terbaik dan populer di Lembang. Terdapat area camping, outbond, serta offroad serta dikelilingi hutan pinus, tempat ini tampak hijau dan asri. Pine Forest Camp Lembang menawarkan lima wahana utama, yaitu Outbond Training Team Building, Offroad Adventure, Outbond Salam Percil, Adventure Kids Camp, serta Flying Fox. Jika Anda punya cukup keberanian, bisa mencicipi permainan berbasis tali gantung, seperti high rope dan low rope.

12. Curug Malela

Niagaranya Indonesia, julukan untuk Curug Malela. Aliran air terjun ini nampak deras, putih jernih, dan membentuk gorden bertingkat, mirip Niagara Falls di Amerika. Air terjun tersebut mengalir dari lereng Gunung Kendeng ke tebing yang dikelilingi tanaman hijau. Lalu jatuh ke Sungai Cidadap sampai Cisolok.

Walaupun posisi Curug Malela lumayan tersembunyi, akses ke tempat wisata ini lumayan gampang. Kalian dapat memakai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bila memilah transportasi umum, carilah angkot dari Lembang ke Halte Cileunyi. Dari situ, perjalanan dilanjutkan memakai angkot dengan tujuan Cililin.

13. Situ Lembang

Terletak di ketinggian 1. 567 mdpl, Situ Lembang jadi salah satu objek wisata danau buatan tertua di Bandung. Tahun pembangunan telaga pada tahun 1914, dikala Belanda masih berkuasa di Indonesia.

Pemandangan alam di dekat Situ Lembang nampak menawan sebab dikelilingi pegunungan. Terdapat Gunung Burangrang, Tangkuban Perahu, serta Gunung Sunda. Dari mari pula nampak perbukitan yang hijau serta menyegarkan mata. Panorama kian indah manakala kabut tipis menyebar di hawa, pas di atas telaga.

14. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha ialah tempat terbaik buat melihat keelokan alam semesta. Pembangunannya diawali semenjak tahun 1923 hingga dengan tahun 1928 pada masa kolonial Belanda. Sebab itu, Bosscha dinobatkan bagaikan observatorium bintang tertua di Indonesia.

Arsitektur bangunan Bosscha bergaya Eropa dengan atap separuh bundaran. Walaupun sudah berusia lebih dari 90 tahun, bidang luarnya masih nampak sempurna. Gedung ini pula nampak kokoh serta kuat. Renovasi tempat ini sempat dicoba sekali manakala perang dunia ke-2 lagi berkecamuk.

Observatorium Bosscha mempunyai sebagian teleskop, antara lain, Refraktor Ganda Zeiss, Schmidt Bimasakti, Refraktor Bamberg, Cassegrain GOTO, serta Teleskop Surya. Refraktor Ganda Zeiss merupakan tipe teleskop terbanyak buat meneropong bintang. Barang ini diletakkan pada atap kubah sehingga dikala teropong digunakan, atap tersebut wajib dibuka.

Observatorium Bosscha boleh didatangi oleh siapa juga, tanpa tiket. Tetapi, untuk yang mau memakai teleskop Zeiss, harus mendaftarkan diri. Buat lembaga ataupun lembaga pembelajaran, dikasih agenda hari Selasa hingga Jumat. Sedangkan itu, kunjungan orang dibuka tiap hari Sabtu.

15. Kampung Gajah Wonderland

Jangan lupa mengajak anak-anak untuk berkunjung ke Kampung Gajah Wonderland. Di dekat pintu masuk tempat wisata di Lembang ini memanglah terdapat arca Gajah Raksasa. Tetapi, tidak berarti terdapat banyak gajah di kawasan tersebut. Malah, Kampung Gajah ialah objek wisata terpadu yang memperkenalkan puluhan wahana.

Terdapat 2 jenis wahana di Kampung Gajah, seperti zona air serta zona non- air. Contoh wahana air, antara lain Kiddy Pool, Bumperboat, Sepeda Air, serta Waterboom. Sedangkan itu, wahana non air contohnya Grass Skating, Delman, Sky Rider, Trampolin, dan ATV. Untuk wisatawan yang gemar makan buah, dapat melaksanakan aktivitas memetik buah stroberi langsung dari kebun. Kampung Gajah Wonderland terletak di kawasan Jalur Sersan Bajuri, Desa Cihideung.

16. Taman Bunga Cihideung

Bicara soal koleksi bunga, Lembang senantiasa memiliki tempat andalan. Salah satunya adalah Taman Bunga Cihideung. Kawasan wisata ini beralamat di Jalur Sersan Bajuri, bersebelahan dengan Kampung Gajah Wonderland.

Taman Bunga Cihideung mempunyai lahan seluas 50 hektare dengan ketinggian 1. 100 m di atas permukaan laut. Bermacam tipe bunga ditanam di tempat wisata di Lembang yang satu ini, misalnya bunga mawar, melati, macam anggrek, serta bougenvil. Terdapat pula tumbuhan hias yang pernah fenomenal, salah satunya gelombang cinta.

Bermacam bunga serta tumbuhan hias tersebut ditanam dengan sebagian metode. Mulai dari penanaman langsung di tanah, hidroponik, rumah kaca, sampai ditata di halaman spesial. Di sejauh tempat wisata di Lembang ini ada bangunan semi terbuka yang dibuat dari bambu. Umumnya, tempat ini digunakan buat memamerkan aneka tanaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel