21 Tempat Wisata Di Surabaya Yang Hits Tahun 2019

Kulinerasik.com - Surabaya yang dikenal dengan julukan Kota Pahlawan memang memiliki nilai historis dari Negeri ini. Karena lewat pejuangan arek-arek Suroboyo lah kita bisa merasakan kemerdekaan sampai saat ini. Kota terbesar kedua di Indonesia ini juga memiliki daftar tempat wisata yang asik untuk di kunjungi.
Suro dan Boyo salah satu Ikon Kota Surabaya
Selain pusat kuliner dan pusat perbelanjaan, banyak juga terdapat wisata alam yang ada di Surabaya. Kita bisa menghabiskan akhir pekan bersama keluarga maupun teman untuk berfoto ria dengan pemandangan pelabuhan yang menakjubkan, hingga menikmati malam dengan pemandangan lampu berwarna-warni.

Nah apa saja tempat wisata di Surabaya yang hits tahun 2019? Langsung simak yuk ulasannya!

1. Pantai Ria Kenjeran Park

Tempat  wisata di Surabaya yang satu ini sangat populer, kamu dapat melihat indahnya langit saat matahari terbit atau tenggelam, berenang, bermain pasir di pantai, serta menikmati bangunan berarsitektur khas Tiongkok. Terdapat juga beberapa bangunan wihara yang memiliki desain apik. Antara lain, bangunan Tian Ti yang merupakan replika Temple of Heaven di Tiongkok, replika Buddha Catur Muka di Thailand, dan yang populer adalah patung Dewi Kwan Im dengan tinggi hampir 20 meter yang disertai patung naga.

Jangan sampai lewatkan berfoto dekat Jembatan Suroboyo dengan latar belakang Kampung Bulak. Wilayah tersebut dikenal dengan sebutan ‘Kampung Warna-Warni’. Pasalnya, rumah-rumah di sana dicat dengan warna terang yang ceria! Bagus sekali untuk lokasi foto! Lokasinya berada di Kota Surabaya bagian timur laut. Sekitar 1 kilometer dari Pantai Kenjeran Lama. Tiket masuk masuk ke kawasan pantai indah ini adalah seharga Rp. 15.000 per orang, sedangkan parkirnya Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 8.000 untuk motor.

2. Taman Bungkul

Taman Bungkul memiliki pemandangan dengan rindangnya pepohonan. Ditambah fasilitas yang komplit semakin memanjakan para pengunjung disini. Lokasinya juga sangat strategis, yaitu berada di tengah kota, di Darmo, Wonokromo. Sebenarnya Taman Bungkul adalah area wisata religi. Karena disini terdapat makam Ki Ageng Supo atau Sunan Bungkul, salah satu tokoh ulama penyebar agama Islam. Kemudian oleh pemerintah kota, lingkungan di sekitar kuburan dirapikan menjadi taman yang sangat menawan dengan fasilitas yang cukup komplet. Salah satu fasilitas yang menarik disini adalah tempat bermain anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Ada juga arena bermain skateboard, BMX, dan jalur jogging. Memasuki akhir pekan di taman ini sering digelar acara musik maupun pertunjukan menarik. Sarana taman juga semakin lengkap dengan adanya jaringan wifi, dan beragam kuliner Surabaya yang tertata rapi.

3. Kebun Binatang Surabaya

Tempat wisata di Surabaya yang menjadi favorit warga Jawa Timur. Lokasinya berada di tengah kota, dekat dengan patung Sura dan Boyo, yaitu Jalan Setail No.1, Darmo, Wonokromo. Harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya adalah Rp. 15.000 pada hari kerja dan Rp. 20.000 pada akhir pekan dan libur nasional. Jam bukanya dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Terdapat banyak koleksi satwa di Kebun Binatang Surabaya ini, bahkan tempat wisata di Surabaya ini pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara dengan 351 jenis binatang. Karena hal inilah, tempat wisata ini adalah tempat yang sempurna untuk menambah wawasan diri dan mengenalkan buah hati tentang alam dan hewan. Suasana yang asri dan tingkah laku para hewan yang menggemaskan bisa membuat pikiran rileks.Sebaiknya untuk datang pada pagi hari karena kebun binatang ini cukup luas dan membutuhkan kurang lebih 2 jam untuk mengelilinginya.

4. Monumen Kapal Selam

Tempat wisata di Surabaya yang terletak di daerah Genteng ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Monumen ini memang kapal selam sungguhan, yang bernama KRI Pasopati 410 yang dulu ikut digunakan dalam pembebasan Irian Barat dari Belanda, tetapi saat ini sudah dialihfungsikan menjadi sebuah museum. Di dalamnya, kita dapat melihat bagian dalam kapal yang berupa bilik-bilik kecil. Disini juga terdapat ruang audio visual yang menayangkan film dokumenter tentang sejarah kapal ini.

Wisata Monkasel dibuka dari jam 8.00-20.00 WIB, setiap hari Senin sampai Jumat, dan dari jam 8.00-21.00 WIB pada akhir pekan. Tiket masuknya hanya Rp. 10.000 saja.

5. Hutan Bambu Keputih

Sejenak melupakan kota Surabaya yang panas, kalian bisa berkunjung ke Hutan Bambu Keputih. Tempat wisata di Surabaya yang menawarkan pemandangan hijaunya pohon-pohon bamboo. Lokasi ini awalnya merupakan tempat pembuangan sampah yang sudah tutup kemudian diamnfaatkan untuk lahan hijau dan ditanami aneka jenis bambu. Di tempat wisata Surabaya ini juga ad ataman Bungan sakura yang sangat cantik dan layak dijadikan tempat berfoto. Lokasinya berada di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya

6. Kebun Bibit

Jangan sampai kelewatan untuk berkunjung ke Kebun Bibit yang terletak di Jalan Kendalsari. Di tempat wisata alam ini, kitabisa menikmati keindahan taman-taman yang rimbun. Anak-anak bisa dengan puas bermain di lokasi outbond yang tersedia dan juga beraktivitas di area playground. Di kebun bibit ini anak-anak juga bisa berinteraksi dan memberi makan beberapa ekor rusa yang dibiarkan berkeliaran. Yang bikin asik adalah kita bisa berkunjung ke tempat wisata di Surabaya ini tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun selain untuk parkir.

7. Taman Prestasi

Tempat wisata di Surabaya ini letaknya berada di Jl. Ketabang Kali No.6, Ketabang, Genteng. Namanya berasal dari banyaknya replika penghargaan yang terdapat pada taman ini. Asyiknya, selain tidak ada biaya masuk, kelengkapan fasilitas pendukung di taman ini juga patut diacungi jempol. Di area ini tersedia jaringan internet nirkabel, balai pelatihan Broadband Learning Center (BLC), sentra kuliner, dan tempat bermain anak dengan 34 buah permainan yang sangat bervariasi.

Spot yang favorit disini adalah wisata menyusuri Sungai Kalimas dengan perahu motor. Harganya cukup murah, hanya Rp. 4.000 saja per orang dan gratis untuk anak di bawah umur 2 tahun. Buka hari sabtu mulai pukul 6 sore sampai 9 malam, dan Minggu mulai pukul 7 pagi sampai 12 siang, lalu dilanjutkan pukul 6 sore sampai 9 malam.

8. Pelabuhan Tanjung Perak

Hobi fotografi dan ingin memperoleh pemandangan yang tak biasa? Cobalah berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Perak di saat senja. Paduan warna langit jingga keemasan dengan siluet kapal-kapal yang terdapat di tengah laut dijamin bisa membuat Anda memperoleh foto-foto terbaik. Lokasi terletak di Kelurahan Perak Timur, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya.

9. Balai Kota Surabaya

Bagi kalian pecinta arsitektur klasik harus datang ke Balai Kota Surabaya. Tempat  wisata menawarkan pemandangan dengan latar belakang bangunan balai kota yang megah. Di bagian dalamnya ada juga beberapa tempat pameran yang menjual oleh-oleh khas Kota Surabaya. Tulisan Balai Kota Surabaya yang menyala di malam hari membuat temapat wisata ini sangat cocok dijadikan lokasi berfoto. Lokasinya berada di Jalan Walikota Mustajab Surabaya.

10. Jembatan Merah

Jembatan Merah Surabaya memiliki nuansa vintange dari era pemerintahan kolonial Belanda. Konon disini merupakan salah satu saksi bisu heroiknya perjuangan para pahlawan di masa kemerdekaan. Lokasinya ada di Jl Kembang Jepun, Nyamplungan. Arsitektur Jembatan Merah masih terus dijaga hingga saat ini. Sejumlah warga Surabaya kerap mengunjunginya untuk menikmati suasana sore. Tak jarang pula ada beberapa pasangan menjadikannya sebagai lokasi foto pre-wedding.

11. House of Sampoerna

Kalian bisa mampir ke House of Sampoerna, museum sekaligus tempat pembelajaran tentang pertumbuhan industri rokok, paling utama adalah pruduk sampoerna. Puas masuk ke bagian dalam museum, kalian dapat naik bis wisata yang disediakan free buat turis. Sebutannya merupakan Surabaya Hertage Track.

12. Tugu Pahlawan

Pelesiran ke Kota Pahlawan pasti belum lengkap bila tidak mendatangi Tugu Pahlawan. Dari sekian landmark alias bangunan ikonik di Surabaya, ini merupakan salah satu yang sangat populer. Asyiknya lagi, berkunjung ke situ sama sekali tidak memerlukan bayaran alias free.

Tugu Pahlawan berdiri untuk mengingat kejadian 10 November 1945. Kala itu arek- arek Suroboyo berjuang gigih pantang menyerah buat mengalami serbuan penjajah Inggris serta Belanda. Kalian dapat belajar sedikit soal sejarah Surabaya melalui potret- potret serta data yang dicantumkan di dekat tugu.

13. Taman Hiburan Rakyat (THR)

Tempat wisata di Surabaya ini termasuk obyek wisata yang tertua. Lokasinya berada di Jl. Kusuma Bangsa No.116-118, Tambaksari, dekat Taman Makam Pahlawan dan Hi-Tech Mall. Taman bermain ini sangat luas dan memiliki banyak variasi wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Mulai dari kereta api mini, roller coaster, komidi putar, rumah hantu, boom boom car, dan lain sebagainya. Selain itu, tempat wisata ini juga dilengkapi pula dengan panggung hiburan dan beragam pilihan kuliner khas Surabaya.

Harga tiket masuknya dibanderol Rp. 15.000, dan per wahana antara Rp. 5.000 sampai Rp. 25.000. Buka pada hari Senin dan Selasa mulai pukul setengah 4 sore sampai dengan pukul 10 malam, Rabu sampai Jumat mulai pukul 3 sore sampai dengan pukul 10 malam, Sabtu pukul 3 sore sampai setengah 11 malam, dan Minggu dari jam 9 pagi sampai setengah 11 malam.

14. De Mata Trick Eye Museum

Bagi kalian yang hobi swafoto serta mengunggahnya ke media sosial? Tempat wisata di Surabaya ini cocok buat Kamu. Museum 3 ukuran ini mempunyai ratusan koleksi foto yang menghasilkan ilusi pada mata sehingga nampak hidup serta nyata. Kalian bisa nampak semacam lagi difoto dengan tokoh dunia populer, lagi memanjat gedung pencakar langit, serta lain- lain.

Lokasinya terletak di Surabaya Town Square, Jalan. Hayam Wuruk Nomor. 6, Sawunggaling, Wonokromo. Tempat wisata ini buka tiap hari dari jam 10 pagi sampai 10 malam dengan harga tiket masuk Rp. 50. 000 per orang. De Mata Trick Eye Museum tidak kalah keren dengan museum lainnya di dunia.

15. Surabaya Carnival Night Market

Surabaya Carnival Night Market merupakan tempat wisata yang buka di malam hari serta menyuguhkan bermacam wahana seru buat wisatawan. Nyaris mirip dengan konsep Batu Night Spectacular di Malang. Tiket masuk yang lumayan terjangkau cuma Rp 10 ribu saja. Tetapi kalian dikenakan biaya lagi jika berniat mencoba wahana lainnya. biayanya bermacam- macam, rata-rata hanya Rp 15 ribu. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani Nomor. 333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Kota Surabaya

16. Ciputra Waterpark

Bewisata dengan guyuran air dijamin akan membuat badan dan pikiran fresh kembali. Ditambah lagi, tempat wisata di Surabaya yang satu ini mempunyai wahana permainan yang begitu menarik. Disini kita bisa menjelajahi kolam bermenara cantik bak istana dalam dongeng yang dihubungkan oleh jembatan goyang. Terdapat seluncuran berair Roc Tower setinggi 15 meter yang panjang dan berkelok-kelok yang isa memacu adrenalin. Rasakan juga dahsyatnya siraman air dari sebuah tong raksasa, berkapasitas 3000 liter air.

Ciputra Waterpark buka hari selasa sampai jumat dari pukul 1 siang sampai 7 malam. Harga tiket masuk Rp.110.000, pada hari sabtu dan minggu buka mulai pukul 10 pagi sampai 7 malam, dengan tiket masuk Rp. 130.000.

17. Museum Surabaya

Museum Surabaya diresmikan pada tanggal 3 Mei 2015, namun sampai saat ini antusias masyarakat selalu ramai. Letaknya berada di tengah kota, yaitu di Gedung Siola, Jl. Tunjungan, Genteng. Museum Surabaya berada di lantai 1 bangunan tersebut, sisanya ditempati oleh beberapa kantor layanan masyarakat dan sentra UKM.
Mengunjungi tempat wisata ini, kita bisa melihat perkembangan kota Surabaya dari jaman dulu hingga sekarang.

Ada koleksi meriam sewaktu perang, replika biola milik W. R. Supratman, meja dan kursi sekolah tahun 1950an, buku administrasi kependudukan jaman dahulu, ketel uap abad 18, dan lain-lain. Nah, koleksi tersebut dapat dinikmati setiap hari antara pukul 9 pagi sampai 9 malam secara cuma-cuma.

18. Food Junction Grand Pakuwon

Untuk para pecinta kuliner, Food Junction Grand Pakuwon jadi salah satu tujuan wisata kuliner di Surabaya yang wajib dikunjungi. Objek wisata yang terletak di Tandes Margomulyo, Surabaya Barat ini dibuka pada bertepatan pada 22 Januari 2016 kemudian. Dengan desain yang menawan, lengkap dengan zona makan terbuka di tepi danau buatan, di tempat ini kamu dapat menikmati bermacam-macam kuliner, baik yang berasal dari dalam negeri ataupun mancanegara. Terdapat lebih dari 100 jenis kuliner yang bisa kamu coba. Lokasi di Jalan. Grand Banjar Boulevard, Tandes, Banjar Sugihan, Surabaya.

19. Air Mancur Menari

Di sejauh pesisir tepi laut Kenjeran, dibentuk jembatan sejauh 800 meter dengan 3 lajur satu arah yang sangat megah. Di malam hari, jembatan ini terus menjadi menawan dengan gemerlap lampu yang dipasang buat menarik atensi wisatawan.Disini juga terdapat spot spesial buat selfie dengan  latar  belakang panorama alam sempurna pada jembatan Kenjeran. Di jembatan ini Kamu pula dapat memandang indahnya air mancur menari dengan iringan lagu khas Surabaya semacam Jembatan Merah. Lokasi di Kenjeran, Kota Surabaya.

20. Kampung Bulak

Konsepnya mirip dengan Kampung Warna-Warni di Malang, atap rumah penduduk di sini juga dicat dengan warna menyala seperti merah, hijau, dan biru. Ada beberapa titik Instagenic di Kampung Bulak yang bakal memuaskan kalian yang hobi berfoto selfie. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, hanya sekitar 2 ribu rupiah per orang. Kampung Bulak mulai buka pukul 8 pagi hingga 10 malam. Lokasinya berada di sebelah utara Pantai Ria Kenjeran.

21. Monumen Bambu Runcing

Kota Pahlawan Surabaya memiliki sederet monumen untuk mengenang kisah heroik para pejuang selama masa kemerdekaan. Selain Tugu Pahlawan, ada Monumen Bambu Runcing di Jalan Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Sejarah bambu runcing sendiri adalah salah satu senjata andalan para pendahulu dalam mengusir penjajah.
Terdapat pertunjukan air mancur, kolam buatan, dan taman dengan beragam tanaman hias.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel