Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyantap Nasi Buwuhan Khas Bojonegoro dengan Aroma Daun Jati

Kuliner Asik - Makanan ini sering disebut sebagai Sego atau Nasi Buwuhan, karena merupakan kuliner khas Bojonegoro yang dulunya hanya bisa diperoleh pada saat hajatan saja. Tradisi masyarakat Bojonegoro yang  memberikan nasi penghantar untuk dibawa pulang dari acara pernikahan, sunatan serta kegiatan hajatan lainnya.

sego buwuhan

Makna Nasi Buwuhan Khas Bojonegoro

Nasi Buwuhan sekarang menjadi makanan yang merakyat karena bisa disantap setiap hari. Aroma daun jati memberi kenikmatan tersendiri dari sajian ini. Gak salah jika sego buwuhan menjadi menu spesial. Dinamakan sego buwuhan karena diambil dari dua kata dalam bahasa Jawa, "Sego" artinya nasi dan "Buwuhan" dari kata buwuh yang berarti memberi atau menyumbang.

Nasi ini dibungkus dengan daun jati yang sudah didasari daun pisang. Untuk penyajiannya, Nasi Buwuhan diberi buah pepaya muda atau blonceng ditambah kacang tolo dibumbu kuning tanpa santan, momoh tempe lombok, daging bumbu terik dan srundeng kering. Perpaduan bumbunya memang bikin cita rasanya semakin nikmat.

Kini, menu tradisional khas Jawa ini menjadi peluang usaha para pengusaha kuliner. Banyak yang menyertakan menu sego buwohan sebagai menu andalannya. Sego buwuhan juga mudah didapatkan setiap hari di Bojonegoro. Masyarakat bisa mendapatkan di warung, toko kue atau bisa dengan delivery order, pemasaran juga diuntungkan adanya menjamurnya ojek online.

Prestasi Nasi Buwuhan Khas Bojonegoro

Menu sego buwuhan asal Bojonegoro juga bertambah moncer. Karena masakan ini pernah meraih juara satu pada Festival Makanan Khas Daerah (FMKD) se-Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) Bojonegoro, di Lamongan, Rabu 28-11-2018.

Pemerintah Bojonegoro pada hari minggu kemarin juga mengadakan acara yang bertujuan untuk melestarikan kuliner khas Jawa ini. Sebanyak 25.000 Nasi Buwuhan berhasil memecahkan rekor MURI di Bojonegoro Thengul International Folklore Festival, Minggu (14/7/2019). 

Dengan penyajian 25.000 Nasi Buwuhan ini, maka seluruh warga Bojonegoro yang hadir bisa menikmati hidangan ini bersama-sama, baik tamu lokal dan mancanegara. Wow!!!

Untuk mencoba nikmatnya rasa sego buwuhan Anda bisa mampir ke Bojonegoro. Ada banyak warung yang menyajikan sego buwuhan, diantaranya: 
  1. Warung Sincin di Gang Mawar Ledok
  2. Warung milik Mas Huda, di Jalan Tentara Mastrip, Kota Bojonegoro
  3. Warung Katiga di Mojokampung, Bojonegoro
  4. Dapur Avi di Graha Aisyah, Kalianyar.

Tentu tak harus menunggu hajatan jika ingin menyantap sego buwohan yang mak nyus ini. Menikmati sego buwuhan dengan teman atau keluarga akan terasa lebih spesial. Selamat mencoba!