Menyantap Nasi Buwuhan Khas Bojonegoro dengan Aroma Daun Jati yang Sedap

Kulinerasik.com - Makanan ini sering disebut sebagai Sego atau Nasi Buwuhan, karena merupakan kuliner khas Bojonegoro yang dulunya hanya bisa diperoleh pada saat hajatan saja. Tradisi masyarakat Bojonegoro yang  memberikan nasi penghantar untuk dibawa pulang dari acara pernikahan, sunatan serta kegiatan hajatan lainnya.
Sego Buwuhan Khas Bojonegoro dengan Aroma Daun Jati
Namun akhirnya Nasi Buwuhan sekarang menjadi makanan yang merakyat karena bisa disantap setiap hari. Aroma daun jati memberi kenikmatan tersendiri dari sajian ini. Gak salah jika sego buwuhan menjadi menu spesial. Sego Buwuhan sendiri terdidi dari dua kata dalam bahasa Jawa. Sego artinya nasi dan Buwuhan diambil dari kata buwuh yang berarti memberi atau menyumbang.

Nasi Buhuwan dibungkus dengan daun jati yang sudah didasari daun pisang. Untuk penyajiannya, Nasi Buwuhan diberi buah pepaya muda atau blonceng ditambah kacang tolo dibumbu kuning tanpa santan, momoh tempe lombok, daging bumbu terik dan srundeng kering. Perpaduan bumbunya memang bikin cita rasanya semakin nikmat.

Kini, menu tradisional khas Jawa ini menjadi peluang usaha. Para pengusaha kuliner banyak yang menyertakan menu sego buwohan sebagai menu andalannya. Kini sego buwuhan mudah didapatkan setiap hari di Bojonegoro. Masyarakat bisa mendapatkan di warung, toko kue atau bisa dengan delivery order. Pemasaran juga diuntungkan adanya menjamurnya ojek online.

Menu sego buwuhan asal Bojonegoro juga bertambah moncer. Karena masakan ini pernah meraih juara satu pada Festival Makanan Khas Daerah (FMKD) se-Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) Bojonegoro, di Lamongan, Rabu 28-11-2018.

Pemerintah Bojonegoro pada hari minggu kemarin juga mengadakan acara yang bertujuan untuk melestarikan kuliner khas Jawa ini. Sebanyak 25.000 Nasi Buwuhan berhasil memecahkan rekor MURI di Bojonegoro Thengul International Folklore Festival, Minggu (14/7/2019). Dengan penyajian 25.000 Nasi Buwuhan ini, maka seluruh warga Bojonegoro yang hadir bisa menikmati hidangan ini bersama-sama, baik tamu lokal dan mancanegara. Wow!!!
Sebanyak 25.000 Sego Buwuhan Disajikan untuk Memecahkan Rekor MURI
Untuk mencoba nikmatnya rasa sego buwuhan kamu bisa mampir ke Bojonegoro.  Ada sejumlah warung yang menyajikan sego buwuhan, di antaranya Warung Sincin di Gang Mawar Ledok, warung milik Mas Huda, di Jalan Tentara Mastrip, Kota Bojonegoro, juga ada di warung Katiga di Mojokampung, Bojonegoro, dan Dapur Avi di Graha Aisyah, Kalianyar.

Tentu tak harus menunggu hajatan jika ingin menyantap sego buwohan yang mak nyus ini. Menikmati sego buwuhan dengan teman atau keluarga akan terasa lebih spesial.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel