Yuk! Berburu Sahur Enak dan Murah di Surabaya


Kulinerasik.com - Kota Surabaya sebagai ikon Jawa Timur memang terkenal dengan kulinernya yang mak nyus dan menggugah selera. Mulai dari, Lontong Balap, Tahu Tek, Krengsengan, Sego Sambel Mak Yeye, Tempe Penyet, Kupang Lontong, Rawon, dan lain sebagainya. Memasuki bulan puasa tahun ini, banyak tempat makan yang akan dijadikan incaran para pencinta kuliner sebagai menu sahurnya.

Buat kamu yang bingung mencari menu sahur di Surabaya gak usah khawatir, karena banyak tempat makan favorit yang justru buka dari tengah malam, hingga menjelang pagi. Berikut ini adalah tempat makan yang enak dan murah untuk bersantap sahur bersama teman dan keluarga? Simak rangkumannya di bawah ini:

1. Penyetan Bang Ali
Penyetan Bang Ali
Penyetan yang satu ini memang masih menjadi idola warga Surabaya. Penyetan Bang Ali yang buka sejak tahun 2.000-an ini memang terkenal di kalangan pecinta penyetan. Disini terdapat menu seperti lele, gurami, tahu, tempe, telur, ayam, bebek, dan sebagainya. Satu porsinya bakal bisa membuatmu kenyang tahan lama.

2. Rawon Kalkulator
Rawon Kalkulator
Rawon yang satu ini terletak di daerah Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo. Harganya juga termasuk murah sekitar Rp 20 ribu. Kamu bisa menikmati rawon dengan kuah hitam pekat dan kental. Uniknya, kamu akan disuguhkan pemandangan pelayan yang menghitung tagihan secara cepat kalkulator. Maka dari itu, rawon ini disebut Rawon Kalkulator.

3. Rawon Moroseneng

Warung Pojok Moroseneng berada di Jalan Pucang Anom, Surabaya. Disini menjual seporsi rawon cuma Rp 14 ribu saja lho! Murahbukan? Warung Rawon Moroseneng ini buka hanya malam saja yakni mulai jam 21.30 sampai 03.00 WIB pagi. Cocok buat kamu yang ingin bersantap sahur.


4. Warung Sederhana

Warung sederhana berada tepat di sebelah stasiun Gubeng, warung ini menyediakan beragam menu makanan. Mulai dari nasi goreng, lalapan, soto, rawon, dan lain-lain. Yang pastinya harganya sangat bersahabat bagi kantong lho!

5. Nasi Cumi Pasar Atom
Nasi Cumi Pasar Atom
Lokasinya berdekatan dengan Madura, kamu bisa menemukan nasi cumi ini dengan mudah. Salah satu menu populernya adalah nasi cumi di kawasan Pasar Atom. Rasanya mantul, cocok banget buat menu sahur. Selain nasi cumi, terdapat pula nasi tongkol, rawon, dan jeroan.

6. Sego Babat Mbok Lemu
Sego Babat Mbok Lemu
Warung Sego Babat Mbok Lemu juga bisa dijadikan sebagai tempat yang enak dan murah untuk bersantap sahur. Warung ini menyediakan menu nasi campur babat, nasi empal, bakwan sayur, lodeh, rawon, nasi Bali. Lokasinya di Jalan Raya Darmo Permai I Nomor 27, Dukuh Pakis. Harganya dibanderol sekitar Rp16-25 ribu.

7. Soto Pak Prawito

Soto Pak Prawito memiliki rasa soto yang menggugah selera. Rasanya segar, ditambah sambalnya terasa lebih nikmat lagi. Tempat sahur yang satu ini bisa dijadikan alternatif untuk sahur ramai-ramai bersama teman atau keluarga. Lokasinya di Jalan Kedung Sari, tempatnya begitu bersih, tenang, dan nyaman lho!

8. Nasi Babat Kampung Malang

Nasi Babat di Kampung Malang ini mempunyai menu andalan lidah sapi. Hampir jarang kita temui lauk seperti itu di warung lalapan lainnya. Harganya pun relative murah, yakni cukup dengan Rp. 20.000, kamu sudah bisa bersantap sahur dengan kenyang.

9. Rawon Setan

Rawon setan adalah tempat kuliner legendaris di Surabaya. Rawon yang berada di Jalan Embong Malang, seberang J.W. Marriott ini sudah buka sejak 1953. Kalau ke sini gak perlu khawatir kehabisan tempat duduk, karena areanya luas. Meskipun harganya terbilang lebih mahal daripada rawon lainnya, tapi kamu akan puas dengan porsi dagingnya yang besar dan empuk. Kuahnya yang gurih pekat bikin kita ketagihan.

10. Pecel Murni

Datanglah ke kawasan Jalan Ahmad Yani kalau pengin berburu pecel. Kamu bisa makan sepuasnya di sini, karena seporsinya cuma Rp6.500. Selain pecel, kamu juga bisa memilih ayam goreng atau rawon.

11. Sop Kambing Bang Oya

Sop Kambing Bang Oya terletak di deretan warung kaki lima di Jalan Kedungdoro No.107. Buka mulai pukul 18.00 WIB hingga tengah malam, harganya sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 40 ribu. Rasa sop kambingnya yang enak bisa menjadikan sahurmu terasa istimewa.

12. Pecel Ambulance
Pecel Ambulance
Warung Pecel Ambulance ini buka pada pukul 23.00 hingg 03.00 WIB. Disini kamu bisa menyantap hidangan pecel ditemani dengan berbagai lauk lainnya. Warung ini buka tengah malam hingga menjelang pagi, pas banget buat kamu yang mau bersantap sahur. Harganya juga murah kok!

13. Nasi Goreng Krengsengan Cak Tommy

Nasi goreng krengsengan Cak Tommy beralamat di ln Taman Apsari, Surabaya (depan circle K). Buka mulai pukul 20.00 hingga pukul 02.00 dini hari, membuat warung nasi goreng ini selalu ramai hingga menjelang sahur.

Nah, Itulah tempat makan di Surabaya yang murah dan enak untuk bersantap sahur. Kalau tempat makan favoritmu dimana?

Click to comment