6 Kuliner Unik yang Ada Saat Bulan Ramadhan


Kulinerasik.com - Memasuki setengah dari bulan Ramadhan, pastinya semakin banyak godaan yang bisa membuat kita membatalkan puasa. Semoga masih kuat ya puasanya! Dibulan ramadhan, salah satu hal yang paling ditunggu adalah momen berbuka puasa, saat berbuka pun dianjurkan untuk memakan yang manis-manis. Pasalnya, setelah seharian menahan lapar dan dahaga, metabolisme dalam tubuh jadi melambat dan energi semakin berkurang. Makanan atau minuman manis ini berperan untuk mengembalikan stamina tubuh yang hilang.

Di berbagai Negara termasuk Indonesia banyak makanan dan minuman unik yang muncul saat bulan Ramadhan. Berikut ini kami rangkum tentang kuliner unik yang ada saat bulan Ramadhan.

1. Puding Susu Roti Panggang
Puding Susu Roti Panggang
Puding Susu Roti Panggang juga merupakan kuliner unik yang bisa kita jmpai saat bulan Ramadhan tiba. Lezatnya roti ini bisa dijadikan menu takjil selama bulan puasa.

2. Teh Tarik Asal Melayu
Teh Tarik
Kemudian ada teh tarik yang populer di berbagai Negara di asia tenggara khususnya Malaysia dan singapura. Minuman ini juga dapat ditemukan di beberapa tempat di Indonesia antara lain di Riau, kepulauan Riau, dan Aceh. Terbuat dari bahan sederhana yakni minuman tea dan susu kental manis yang full cream yang diaduk.

Cara membuat tea tarik ini sangat unik dan berbeda dari tea susu biasa. Caranya adalah tuangkan tea dan susu yang telah dicampur ke cangkir lain sambil ditarik ke atas udara. Lalu tuang ke cangkir lagi dan ditarik lagi. Dalam proses penarikan ini, kandungan kandungannya menjadi semakin pekat dan membuat aromanya keluar. Proses inilah yang membantu mendinginkan suhu minuman dan memberikan lapisan busa lembut di bagian atasnya.

3. Es Johor dari Medan
Es Johor Medan
Es johor ini  berasal dari Medan, meskipun namanya johor namun minuman segar yang satu ini berasal dari medan sumatera utara yang sering dijumpai terutama saat bulan ramadhan seperti sekarang ini. minuman segar ini berisi buah buahan, agar agar, susu kental manis full cream. Disebut dengan es johor karena pada saat terciptanya tahun 1957 bahan buah es ini masih di impor dari johor Malaysia.

Namun sekarang bahan yang digunakan tak perlu dibeli di johor, karena siapapun dirumah bisa membelinya di pasar atau supermarket terdekat.Bahan bahan yang digunakan adalah buah papaya dipotong kecil kecil, buah leci, kolang kaling warna merah, agar agar putih, buah nanas yang dipotong kecil kecil, buah anggur yang dipotong belah dua, sirup koko pandan dan susu kental manis full cream.

4. Burfi Strawberry dari India
Burfi Strawberry dari India
Burfi strawberry, burfi atau disebut juga bufi adalah hidangan manis tradisional yang cukup populer di india. Bahan utama burfi adalah susu kental manis full cream dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Di Negara asalnya, burfi biasanya dibuat dengan berbagai variasi. Dan salah satunya adalah burfi strawberry.

Saat bulan Ramadhan datang, hidangan manis asal india ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk berbuka puasa. Hidangan ini menjadi kuliner unik saat bulan Ramadhan tiba sebagai sajian buka puasa.

5. Es Palu Butung dari Makassar
Es Palu Butung dari Makasar
Di Makassar kita bisa menjumpai kuliner unik saat bulan puasa, selain es pisang hijau yang terkenal. Ada juga es palu butung yang tak kalah enaknya apalagi disantap berbuka puasa. Es palu butung mirip dengan es pisang hijau. Hanya saja pisangnya tidak dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Pertama kali ditemukan oleh kerajaan goa di Sulawesi selatan pada abad ke 14 bersamaan dengan conto Makassar.

6. Es Cendol Cokelat
Es Cendol Cokelat
 Terakhir adalah es cendol cokelat. Es cendol yang selama ini dikenal dan kita nikmati berwarna hijau dengan rasa dan aroma daun pandan dan diberi kuah santan. Tapi pernahkah anda mencicipi atau membuat sendiri cendol dengan rasa cokelat dan diberi kuah susu? Rasanya mak nyus banget untuk menu berbuka puasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel