5 Menu Buka Puasa Praktis dan Murah Meriah Saat Tanggal Tua

Kulinerasik.com - Bulan puasa sudah memasuki tanggal tua nih! Pastinya hal ini bisa membuat kita harus lebih irit untuk menyantap menu buka puasa dan sahur. Apalagi nanti uang kita juga sangat dibutuhkan waktu momen lebaran, biasanya kita akan bagi-bagi angpao untuk anak-anak kecil tetangga yang suka maen kerumah. Kecuali bagi yang jomblo sih, tanpa harus bagi-bagi angpao gak apa-apa kok! 

Solusinya adalah kita harus buka puasa dengan menu seirit mungkin sampai tanggal muda tiba. Namun jangan sampai hal tersebut menjadi penghalang kita untuk menjalankan kewajiban ibadah puasa sobat.  Kini kamu tak perlu khawatir, karena menu buka puasa yang praktis dan murah yang bisa dibuat sendiri di rumah. Simak ulasan dibawah ini:

1. Sayur Bening 
Sayur Bening
Menu praktis yang satu ini bisa untuk hidangan buka puasa maupun sahur. Bahan-bahan untuk membuat sayur bening adalah bayam, jagung, kunci (rempah-rempah), bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan merica. Sayur bening ini lebih nikmat jika disantap dengan tempe yang digoreng tanpa tepung. Atau bisa juga disantap bersama ikan pindang goreng atau ikan mujair goreng sebagai lauknya.

2. Mie Instant
Mie Insant
Makanan populer diIndonesia ini wajib hadir sebagai menu buka puasa dan sahur yang praktis dan murah. Mie instant juga sering menemani sebagai menu pilihan saat tanggal tua. Kamu pun bisa menyantap mie instant ini sebagai menu buka puasa atau sahur. Selain cara pembuatannya yang praktis, rasa mi instant ini juga sangat enak koq. Apalagi jika ditambah dengan telur dan sawi hijau, pasti menjadi makanan bergizi. Mie instant goreng atau kuah dapat ditambahkan dengan telur dan sayuran.

3. Ikan Lele Goreng dengan Sambal Tomat
Ikan Lele dengan Sambal Tomat
Hidangan ini adalah ikan lele goreng yang disajikan bersama sambal tomat. Menu ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di warung kaki lima yang ada di pinggir jalan. Harganya tentu sangat bersahabat dengan kantong kita. Cukup dengan 15 ribu saja kamu sudah bisa mendapatkan 2 ekor ikan lele goreng, sambal tomat, dan nasi putih. Namun  jika ingin memasaknya sendiri hanya perlu mengeluarkan uang 10 ribu rupiah saja. Makanan ini tentunya sangat mudah dan praktis untuk menu buka puasa dan sahur.

4. Tahu danTempe Goreng dicocol Sambal Kecap

Sipa sih yang kenal sama tahu dan tempe, makanan khas Indonesia yang harganya sangat murah. Untuk mengolah tahu-tempe goreng sangatlah mudah sobat, tahu dan tempe mentah direndam dalam air garam dan bawang putih selama beberapa menit. Kemudian, goreng tahu dan tempe dalam minyak panas hingga warnanya kekuningan. Terakhir kamu bisa tambah dengan sambal kecap, Sajian tahu-tempe goreng dan sambal kecap ini hanya menghabiskan dana 5 ribu rupiah saja.

5. Telur Penyet dengan Sambal Terasi

Makanan sederhana dan praktis ini adalah telur rebus yang digoreng, telur mata sapi, atau telur dadar. Kemudian, kamu bisa membuat sambal terasinya sebagai pendamping. Bujet yang dikeluarkan pun sangat minim, kamu hanya perlu mengeluarkan uang 8 ribu rupiah saja kok.

Nah inilah 5 menu buka puasa praktis dan murah yang bisa dijadikan referensi saat tanggal tua tiba. Kalau hidangan termurah kamu apa?

Click to comment