5 Makanan Ini Sebaiknya Kamu Hindari Saat Sahur, Agar Puasa Kamu Gak Lemes!


Kulinerasik.com - Puasa adalah menahan lapar dari sahur hingga menginjak bedug Maghrib, butuh sekitar 14 jam kita harus bisa menahan lapar. Oleh karena itu pemenuhan nutrisi saat puasa tidak bisa dilakukan seperti hari biasa, kita harus bisa memilih menu yang tepat disaat sahur. Setidqaknya kita harus memasukkan 2.000-2.500 kkal ke dalam tubuh agar energi tetap terjaga dan tidak gampang lemas serta lapar saat siang hari.

Memilih menu sahur tidak boleh sembarangan, karena bisa menyebabkan dehidrasi dan lemas di siang hari, hingga susah tidur seharian. Untuk itu, kamu pun harus melakukan sahur sehat, dan menghindari makanan-makanan dibawah ini:

1. Karbohidrat Sederhana
Mi Instan
Makanan karbohidrat sederhana mudah diserap oleh tubuh dan biasanya habis dalam jangka waktu 3-4 jam. Jika kita sahur jam 3 pagi, mungkin sekitar 9 pagi perut akan terasa lapar lagi, hingga bisa membuat kita lemas sampai menjelang bedug Maghrib. Beberapa makanan yang termasuk karbohidrat sederhana antara lain gula, tepung putih, mi instan, dan aneka kue baik itu basah atau kering. Hindari makanan ini dan perbanyak karbohidrat kompleks seperti ubi, nasi merah, dan oatmeal.

2. Kopi
Kopi Mengandung Kafein
Sebaiknya minuman kopi harus kamu hindari disaaat sahur, karena sifat kopi yang laksatif bisa menyebabkan frekuensi ke toilet lebih sering setelah mengonsumsi kopi. Karena didalam kopi terdapat komponen yang menstimulasi kerja usus besar sehingga tubuh kemudian membuang sisa pencernaan lebih cepat. Sifat asam dalam kopi juga dapat mengganggu kenyamanan perut, komponen yang disebut chlorogenic acid dapat memicu naiknya kadar keasaman perut serta meningkatkan produksi asam lambung. Buat kamu pecinta kopi mungkin bisa menyiasatinya dengan meminumnya setelah sholat tarawih.

3. Makanan Asin

Makanan asin dapat menyebabkan hipertensi, juga dapat menstimulasi rasa haus. Kamu bisa merasakan haus seharian jika terlalu banyak menyantap makanan asin. Contoh makanan dengan kadar garam yang tinggi yang harus dihindari saat sahur untuk menghindari haus adalah keripik, kerupuk, acar, kacang yang diasinkan, kuaci, serta makanan kaleng. Perbanyak menyantap sayuran dan buah segar yang berserat.

4. Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Makanan dengan kandungan kadar gula tinggi memang lebih cepat memberikan rasa kenyang untuk tubuh. Namun, sebaiknya harus dihindari saat sahur, karena bisa membuat tubuh semakin gemuk. Selain itu, kamu akan mengantuk seharian kalau kadar gula di dalam darah meningkat.

5. Makanan Berminyak dan Pedas
Gorengan yang Berminyak dan Pedas
Makanan yang mengandung minyak seperti aneka gorengan sebaiknya kamu hindari saat sahur. Makanan ini mungkin nikmat dan memberikan nafsu makan besar, tapi efeknya sangat berbahaya. Kamu bisa sakit perut seharian dan ada kemungkinan kalori yang masuk melebihi batas yang ditentukan.

Nah, sobat kulinerasik semoga kamu bisa memilih menu yang tepat saat sahur ya, biar gak lemes sampai menunggu bedug maghrib.

Click to comment