4 Menu Irit Buka Puasa Ala Anak Kost, Kamu Harus Coba!


Kulinerasik.com - Bulan Puasa bagi sebagian anak kost adalah kesempatan untuk bisa berhemat dari godaan jajan dan ngemil. Menjalani bulan puasa juga tidak mudah bagi anak kost. Kesibukan tiap hari dan juga lahan yang terbatas membuat tidak bisa bebas untuk memasak sendiri di kamar. Karena belum tentu semua rumah kost menyediakan dapur umum yang bisa digunakan setiap saat.

Alternatifnya adalah kamu harus membeli makanan untuk menu buka puasa dan juga menu sahur. Biasanya inilah yang bisa bikin kantong semakin jebol, karena seringkali makanan yang kamu beli cukup menguras uang saku. Bisa-bisa, sebelum akhir bulan, kiriman uang saku dari rumah malah sudah habis duluan. Belum lagi ditambah dengan pengeluaran lainnya. Bisa-bisa kamu malah gak dapat pulang ke kampung halaman lho!

Untuk mengatasi kondisi seperti ini ada solusinya koq! Berikut ini kami rangkum 4 menu buka puasa yang hemat dan cocok untuk anak kost, yang bisa kamu masak sendiri di kamar, agar bisa menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan ini.

1. Omelet Mie Kuah
Omelet Mie dengan Sedikit Kuah
Banyak orang yang menganggap mie instan tidak bisa menjadi menu buka puasa yang menyehatkan. Namun dengan sedikit kreativitas, kamu dapat menghasilkan omelet mie berkuah yang tinggi kandungan protein dan juga karbohidrat. Bahan makanan yang digunakan pun terjangkau dan mudah didapatkan. Kamu hanya membutuhkan sebungkus mie instan rasa kesukaan anda, sebutir telur, dan bumbu dapur seperti bawang merah dan putih, juga sedikit cabai bagi anda yang menyukai sedikit rasa pedas.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu merebus mie instan sampai mantan, lalu ditiriskan dan dicampur dengan bumbu. Setelahnya, kocok telur dan campurkan dengan mie instan tersebut, goreng sampai matang, lalu tiriskan. Kemudian, tumis bumbu dapur yang telah anda potong kecil-kecil dan tambahkan sedikit air berikut garam dan gula. Masukkan omelet telur, diamkan sebentar, lalu sajikan. Kamu bisa menikmatinya dengan seporsi nasi hangat untuk rasa yang lebih lezat.

2. Nasi Goreng Super Sederhana
Nasi Goreng Super Sederhana
Menu hemat berikutnya yang bisa kamu masak sendiri dengan mudah di kamar kost adalah nasi goreng dengan isian ala kadarnya. Tidak perlu mewah-mewah, kamu hanya perlu menyiapkan seporsi nasi putih yang telah didinginkan, sebutir telur, bumbu dapur seperti bawang merah dan putih, saus, kecap, garam, gula, dan sayuran atau bahan lain yang anda temui di kamar.

Pastinya kamu sudah mengetahui bagaimana caranya membuat nasi goreng, yaitu menumis semua bahan terlebih dahulu, lalu masukkan nasi putih, setelahnya itu aduk hingga semua bahan tercampur rata dengan nasi, lalu tambahkan kecap dan juga saus. Nasi goreng sederhana siap dihidangkan untuk menemani buka puasamu. Estimasi biaya yang harus dikeluarkan pun gak sampe 10.000 ribu koq!

3. Telur Orak-arik Saus Tiram

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang murah dan dapat dengan mudah anda temui di pasar dan juga toko kelontong. Makanan ini selain tahan lama disimpan diluar kulkas, bahan makanannya juga dapat dijadikan menu buka puasa yang lezat. Salah satunya adalah dengan membuatnya menjadi telur orak arik saus tiram.

Cara untuk membuatnya pun cukup mudah, anda hanya perlu mengocok telur lalu digoreng dengan api kecil bersama bumbu tumisan seperti bawang putih dan merah, serta sedikit minyak dan garam. Setelah itu, anda dapat menambahkan 1 sampai 2 sendok saus tiram untuk menambah rasa gurih di dalam masakan. Estimasi biaya yang dikeluarkan untuk sekali masak per porsi gak sampe Rp. 10.000.

4. Sayur Santan Daun Ubi

Menu irit buka puasa lainnya yang bisa dengan mudah anda masak sendiri di kamar adalah sayur santan daun ubi yang gurih dan tentunya mengenyangkan. Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat masakan ini pun harganya cukup terjangkau. Kamu hanya membutuhkan seikat daun ubi segar yang biasanya dijual seharga 2.000 sampai 3.500 rupiah per ikat, 1 kotak kecil santan, dan juga bumbu dapur seperti bawang merah dan putih, serta lengkuas.

Cara masak dari menu yang satu ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu menumis seluruh bumbu dapur sebentar, lalu memasukkan daun ubi setelahnya. Tambahkan air dan juga santan, lalu tunggu sampai matang. Sajikan dengan nasi selagi hangat.

Nah, itulah 4 menu irit buka puasa ala anak kost. Bisa kamu coba mulai sekarang, biar kamu dapat berhemat banyak dan menyimpan uang untuk mudik. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel