10 Makanan Khas Negeri Sakura yang Berbentuk Unik dan Memiliki Rasa yang Enak


Kulinerasik.com - Negeri Sakura Jepang merupakan negara yang memiliki kemajuan pesat dibidang tekhnologinya. Pasalnya Jepang selalu mempunyai inovasi yang tiada habis, mulai dari tekhnologi robotnya hingga mobil hybridnya yang sedang dikembangkan.

Meskipun termasuk Negara kecil, namun Jepang memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan dunia. Negara asal Doraemon ini juga dikenal sebagai negara dengan kebudayaan tradisional yang sangat kental, bahkan banyak orang yang berasal dari negara lain mencintai kebudayaan Jepang yang unik tersebut.

Nah kali ini kita akan ulas makanan-makanan asal negeri sakura yang mempunyai cita rasa yang lezat dan berbentuk unik. Simak yuk!

1. Onigiri
Onigiri
Onigiri adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari nasi yang diisi dengan isian sesuai selera, seperti suiran salmon, ayam, telur ikan, kemudian dibungkus dengan nori. Bentuknya unik dan mirip nasi kepal di Indonesia, biasanya onigiri berbentuk bulat ataupun segitiga. Untuk menikmati kelezatan onigiri bisa ditambah dengan saus khusus yang bisa memperkaya rasa dari masakan ini.

Pada umumnya di Jepang makanan onigiri menjadi salah satu bekal makanan yang hampir selalu dibawa oleh semua pelajar atau pekerja kantoran.

2. Mochi
Mochi
Mochi memiliki bentuk yang unik, bulat imut dengan berbagai macam warna. Bahan utama dari kue mochi ini adalah beras ketan yang dihaluskan, lalu dibentuk bulat atau lonjong. Teksturnya yang lembut dan kenyal dipadu dengan rasa manis. Biasanya kue mochi di Jepang berisi kacang merah.

3. Sushi
Sushi
Sushi merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari nasi yang dicampur bersama lauk seperti ikan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Bentuknya sangat unik dan imut, jenis sushi ada yang difermentasi, yaitu nare sushi, tapi jenis yang paling khas yaitu nigirizushi dan temakizushi. Makanan yang satu ini bisa kamu jumpai diseluruh sudut kota Jepang.

4. Ramen
Ramen
Ramen adalah mie kuah yang berasal dari Negara Cina dan sudah menjadi hidangan yang terkenal di Jepang sekarang. Ramen memiliki ciri khas dengan mie yang tipis dan berwarna kuning, mie tersebut merupakan hasil buatan tangan atau buatan mesin. Yang membuat beda mie ramen dan mie lainnya adalah kaldu atau kuahnya. Terdapat empat macam kaldu ramen, yaitu shoyu atau kecap, shio atau garam, miso atau pasta kacang yang sudah difermentasi, dan tonkotsu atau daging babi. Banyak toko yang menyediakan ramen kemasan cup yang bisa disantap dengan air panas.

5. Tempura
Tempura
Tempura adalah hidangan yang dibuat dari ikan, jamur, daging atau sayuran kemudian dicampurkan dengan bahan terigu lalu digoreng. Tempura memiliki tekstur yang renyah dan gurih, bentuknya juga unik. Cara memakannya dicocol dengan saus untuk menambah kelezatannya.

6. Sashimi
Sashimi
Sashimi adalah makanan yang terbuat dari ikan laut segar, biasanya disajikan saat masih mentah dan dinikmati bersama kecap asin dan perasan lemon. Bagi orang Jepang rasa dari sashimi memang sangat lezat, namun bagi orang yang tidak berbiasa dengan makan ikan mentah akan terasa berbeda.

7. Teriyaki
Teriyaki
Teriyaki adalah makanan yang dibuat dari sake, kecap asin serta gula pasir. Daging yang biasa digunakan untuk makanan khas negeri Sakura ini adalah jenis ikan dan daging.

8. Udon
Udon
Hidangan ini sebenarnya berasal dari Tiongkok, kata udon berasal dari kata dasar Tiongkok “Wonton” yang memiliki arti Pangsit. Masyarakat Jepang melafalkannya dengan undon atau udon. Udon merupakan makanan berupa mie yang terbuat dari tepung terigu. Bentuknya unik karena tipis dan kecil-kecil.

9. Takoyaki
Takoyaki
Takoyaki merupakan jajanan khas Jepang yang terbuat dari cumi-cumi yang dibentuk bulat menyerupai bakso, lalu dibakar atau dipanggang. Bentuknya yang unik dan memiliki rasa yang lezat, membuat takoyaki sangat digemari masyarakat Jepang. Hampir di setiap acara festival, atau pasar malam jajanan yang satu ini bisa kamu jumpai dengan gerobaknya yang khas.

10. Dorayaki
Dorayaki
Siapa yang suka dengan film Doraemon? Pasti sudah tahu makanan kesukaannya. Yuph! Kue Dorayaki yang berbentuk bulat, adonannya mirip seperti pancake. Yang bikin unik dari kue dorayaki adalah pada isiannya yang khas, yakni berisi kacang merah. Gak heran Doraemon kalu makan kue ini selalu bersemangat dan lahap.

Nah itulah makanan-makanan khas Negeri Sakura yang berbentuk unik dan memiliki rasa yang enak, kamu harus coba!

Click to comment