5 Makanan Khas Jawa Kesukaan Presiden Jokowi


Kulinerasik.com - Pak Jokowi memang terkenal dengan gaya blusukannya yang khas. Pasalnya selain untuk menyapa rakyatnya, Beliau juga ingin mendengarkan segala keluhan dan permasalahan langsung dari bawah. Untuk mendukung aktifitasnya ternyata beliau selalu rajin minum jamu lho! Selain jamu ada beberapa makanan khas Jawa yang selalu menjadi kesukaannya tiap mengunjungi daerah-daerah di Jawa. Apa saja? Intip yuk ulasannya!

1. Soto Kuning
Soto Kuning
Sejak Beliau menjadi Presiden dan pindah kerumah dinas di Bogor, Pak Jokowi menjadi suka dengan salah satu kuliner khas Kota Hujan ini, yakni soto kuning. Soto kuning sendiri memiliki ciri khas dengan rempah-rempahnya. Warna kuning dari kuahnya berasal dari olahan santan yang dicampur rempah-rempah, seperti kunyit, serai, dan lengkuas. Soto kuning lebih nikmat disajikan bersama dengan empal, otak, limpa, paru. Untuk lauknya biasanya dengan teri Medan, tempe, dan tahu bacem.

2. Jamu
Jamu Minuman Kesukaan Pak Jokowi
Jamu adalah salah satu minuman kegemaran Pak Jokowi, selain untuk menunjang staminanya agar kuat, minuman jamu juga memiliki banyak khasiat lho! Jamu favorit Pak Jokowi adalah perpaduan delapan potong temulawak, enam potong kunyit, dan tiga potong jahe. Mungkin ini termasuk rahasia Beliau bisa selalu sehat dalam tiap blusukannya. Pak Jokowi memang sosok yang sederhana, Beliau selalu memilih makanan yang berasal dari warung atau depot pinggir jalan yang menyediakan menu khas Jawa.

3. Timlo Sastro
Timlo Satro
Makanan timlo adalah kuliner khas Kota Solo, yakni makanan yang dipadu antara sup dan soto. Timlo berisi ati ampela, semur telur bebek, potongan daging ayam, dan sosis Solo, dengan kuah yang gurih. Biasanya kuah timlo agak bening dan rasanya mirip kuah sup pula. Gak heran makanan ini selalu jadi kesukaan Pak Jokowi, karena rasanya lezat, mau nyobain?

4. Nasi Liwet
Nasi Liwet Khas Solo
Nasi liwet merupakan makanan yang berbahan utama nasi gurih lalu dicampur sayur labu siam, potongan daging ayam, telur, dan areh. Sedangkan nasi gurih sendiri dimasak dengan cara menggunakan santan kelapa. Areh adalah cairan kental yang berwarna putih dan terbuat dari kelapa. Rasanya memang sangat gurih dan nikmat!

5. Lento Singkong
Lento Singkong
Makanan yang satu ini adalah khas jawa banget, yakni lento singkong. Didaerah seperti Jogja dan Solo makanan yang terbuat dari singkong ini bisa kamu temukan. Lento singkong adalah makanan yang terbuat dari kacang-kacangan yang dijadikan perkedel. Lento terdapat beberapa macam tergantung dari jenis bahan dasar kacangnya, seperti lento kacang hijau yang terbuat dari bahan dasar kacang hijau, lento singkong terbuat dari bahan singkong dan kacang tolo, ada juga lento kedelai yang terbuat dari bahan dasar kedelai.

Click to comment