Tempat Wisata di Madiun yang Populer dan Wajib Anda Kunjungi


Kulinerasik.com - Kota Madiun adalah kota di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terletak 160 km sebelah barat Surabaya, dan 111 km sebelah timur Surakarta, Jawa Tengah. Di kota juga ini terdapat pusat industri kereta api (INKA). Kota Madiun dikenal memiliki Lapangan Terbang Iswahyudi, yaitu salah satu pangkalan utama AURI, meski sebenarnya terletak di Kabupaten Magetan. Kota Madiun juga dikenal dengan julukan Kota Gadis, Kota Brem, Kota Pelajar, Kota Sepur, Kota Pecel, Kota Budaya, Kota Sastra, dan Kota Industri.

Kota Madiun juga dikenal banyak menawarkan tempat wisata yang keren dan populer. Berikut kami ulas tempat wisata di Madiun yang populer dan wajib anda kunjungi.

1. Palang Mejayan
Palang Mejayan
Wisata Palang Mejayan juga dikenal dengan nama Situs Rumah Palang merupakan tempat bersejarah dan popular di Kota Madiun. Tempat wisata ini menampilkan peninggalan kerajaan kuno yang masih dijaga hingga kini. Berada di lokasi Jalan Panglima Sudirman, No. 79-A, Kota Caruban, Kabupaten Madiun. Jam buka dari pukul 4 pagi sampai pukul 11 malam.

2. Brumbun Tubing Adventure
Brumbun Tubing Adventure
Tempat wisata Brumbun Tubing Adventure sangat popular dikalangan anak muda saat ini, karena menampilkan wisata arung jeram dengan arus sungai yang deras yang mengalir di lereng Gunung Wilis.

Kondisi desa yang mengelilingi wisata Brumbun Tubing Adventure masih sangat asri, sehingga memanjakan mata kita karena keindahannya. Dan buka mulai 8 pagi hingga pukul 4 sore.

3. Air Terjun Krecekan Denu
Air Terjun Krecekan Denu
Terletak di dusun Gilingan Desa Kepel Kecamatan Kare Kabupaten Madiun . Wisata Air Terjun ini berjarak sekitar 20km dari pusat kota, dan bisa ditempuh dengan 45 menit perjalanan. Wisata ini mempunyai ketinggian air kurang dari 20 meter, tetapi sangat indah pesonanya karena dikelilingi dengan lingkungan sekitar yang masih sangat asri dan sejuk. 

4. Air Terjun Seweru
Air Terjun Seweru
Wisata Air Terjun dikenal juga dengan nama Air Terjun Serondo dan Air Terjun Kedung Malam. Berada di lereng Gunung Wilis, Dusun Seweru Desa Kare, sekitar 15km dari pusat kota Madiun. Kesejukan dan pesona air terjunnya sangat indah untuk dikunjungi, menurut penuturan masyarakat sekitar, sumber air yang mengalir ini berasal dari sekitaran kaki Gunung Wilis, dan keluar dari sela-sela pepohonan.   

5. Waduk Kedungbrubus
Waduk Kedungbrubus
Waduk Kedungbrubus merupakan waduk irigasi yang berada di Dusun Kedungbrubus Desa Bulu Kecamatan Pilangkenceng Madiun, waduk ini juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro.

Tujuan dibuatnya waduk ini untuk fasilitas irigasi, di sekitar area waduk Kedungbrubus ada wisata sejarah berupa fosil purbakala, yang diyakini masyarakat sekitar adalah sebuah sungai purba yang masih berhubungan dengan Trinil yang ada di Ngawi. Sudah banyak fasilitas yang dibangun untuk melengkapi tempat wisata ini.

6. Waduk Notopuro
Waduk Notopuro
Lokasi Waduk Notopuro berada di Dusun Notopuro Desa Duren Kecamatan Pilangkenceng Madiun, berjarak sekitar 15 km dari pusat kota. Waduk ini juga berfungsi sebagai fasilitas irigasi, tetapi saluran airnya berasal dari tadah hujan yang menampung aliran air dari sekitar hutan lereng gunung Pandan.

Untuk masuk ke tempat wisata Waduk Notopuro tidak dipungut biaya alias gratis. Dan momen yang tepat untuk mengunjungi wisata ini adalah pagi dan sore hari, atau menjelang terbit dan tenggelamnya matahari.

7. Grape Madiun
Grape Madiun
Wisata alam Grape Madiun terletak di Desa Kresek Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun, berjarak sekitar 15 km dari pusat kota. Tempat wisata ini menawarkkan wisata alam yang cukup memacu adrenalin, dari mulai bersepeda, wisata lintas alam, berkemah, sampai dengan olahraga ekstrim panjat tebing, jangan lupa untuk mengutamakan keselamtan kalau mencoba wisata ini.

8. Gunung Kendil
Gunung Kendil
Konsep wisata Gunung Kendil mirip dengan pemandangan Santa Monica, Los Angeles, dulunya tempat ini adalah latihan militer.

Tempat wisata ini menawarkan banyak pilihan wahana rekreasi yang banyak, mulai dari kolam pemancingan, tempat perkemahan, dan juga arena balap motor, mobil bisa dicoba ditempat ini.
Buka mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Lokasi di Desa Pilangrejo, Wungu.

9. Taman Bantaran Kali Madiun
Taman Bantaran Kali Madiun
Wisata ini merupakan bantaran kali yang dijadikan sebagai tempat wisata. Berada di Pangongan, Mangu Harjo Kota madiun. Fasilitas di tempat wisata Taman Bantaran Kali Madiun mulai dari tempat gazebo, dan tempat bermain untuk anak-anak. Buka 24 jam dan gratis.

10. Masjid Kuno Kuncen
Masjid Kuno Kuncen
Merupakan masjid yang bernilai sejarah dan sudah berdiri sejak masa pemerintahan Sultan Trenggono, yaitu Raja Ketiga Kesultanan Demak. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Nur Hidayatullah, dari pemberian oleh masyarakat sekitar. Konsep bangunan kental dengan nuansa budaya Hindu, terlihat dari bangunan gapuranya.

11. Air Terjun Kucur
Air Terjun Kucur
Wisata Air Terjun Kucur merupakan air terjun buatan yang dibuat sebagai solusi untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau di lingkungan sekitar. 

Lokasi berada di Dusun Pucang Sawit Desa Padas Kecmatan Dagangan, Madiun. Air terjun ini memiliki 4 tingkat air terjun dengan ketinggian yang berbeda, tingkat pertama air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, sedangka 3 tingkat berikutnya memiliki ketinggian sekitar 3 meter.

12. Situs Sejarah Nglambangan
Situs Nglambangan
Lokasi wisata Situs Nglambangan berada di Desa Nglambangan Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Situs ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Banyak benda-benda bersejarah yang dapat dilihat situs ini, seperti watu dakon, lumbung selayur, punden lambing kuning dan bangunan Pura Lembangsari, ada juga sumur dan sendang jambangan. Setiap tanggal 1 Suro sering digelar sebuah upacara adat di tempat ini.

13. Monumen Kresek Nan Pilu
Monumen Kresek
Monumen Kresek merupakan bukti peninggalan sejarah kekejaman PKI di Madiun. Monumen yang dibangun pada tahun 1987 dan selesai tahun 1991 ini mengisahkan pertempuran PKI di Desa Kresek,banyak tentara dan penduduk yang gugur karena dibantai oleh PKI. Lokasi ada di Desa Kresek Kecamatan Wungu, Madiun.

14. Waduk Dawuhan
Waduk Dawuhan
Wisata Waduk Dawuhan terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun dan berjarak sekitar 8 km dari pusat kota. Wisata ini berfungsi sebagai sarana irigasi dan masih berfungsi sampai saat ini, dan mengairi persawahan di 9 desa di 3 kecamatan dan mempunyai luas sekitar 1.273 hektar

15. Hutan Pinus Nongko Ijo Asri
Hutan Pinus Nongko Ijo
Lokasi wisata Hutan Pinus Nongko Ijo Asri berada di kaki Gunung Wilis, di Dusun Mbonromo Desa Kare, Kabupaten Madiun. Wisata ini dikelola oleh Perhutani, asal mula dinamai dengan Nongko Ijo karena dulu disini banyak terdapat hijau yang sangat besar. Banyak pemandangan yang masih sangat asri dan rindang, dan tentunya menyejukkan mata kita.

Dan itulah sebagian dari tempat wisata di Madiun yang popular dan wajib anda kunjungi bersama keluarga maupun beserta pasangan.Selamat Berlibur!

Click to comment