Pecinta Kopi, Kamu Harus Kenali 7 Jenis Kopi Ini

Kulinerasik.com - Fenomena coffe shop atau kedai kopi sekarang yang banyak kita temui diseluruh kota yang disajikan dengan sedikit berbeda, dengan menyesuaikan tampilan modern ala milenial, Belum lagi banyak menu kopi yang semakin beragam yang disajikan dengan konsep yang unik, makin membuat kita betah nongkrong untuk menghabiskan waktu dan melepas penat bersama teman.

Anda Pecinta Kopi? Baiknya anda harus kenali 7 Jenis Kopi yang sekarang lagi trending di coffe shop atau Kedai kopi. Berikut kami ulas 7 Jenis Kopi yang harus kamu kenali :

1. Latte
Paduan rasa dari olahan kopi, espresso dan susu membuat latte banyak kandungan susu daripada kopinya, Rasanya yang creamy dan disajikan dengan tampilan menarik ala Barista membuat kopi ini juga banyak disukai anak milenial, biasanya latte disajikan dengan tampilan Latte Art, yaitu seni yang ditampilkan berupa gambar pada kopi, seperti gambar wajah, love, abstrak dan lain-lain.

2. Espresso
Minuman kopi yang satu ini disajikan dengan proses mesin khusus yang memisahkan saripati kopinya dengan ampas kopi itu sendiri. Kopi murni yang tidak menggunakan campuran ini rasanya sangat pahit dan disajikan dengan cangkir kecil, dan lebih enak diminum waktu hangat.

3. Americano
Kopi ini merupakan olahan espresso yang paling dasar, yaitu dibuat dengan menggunakan satu shot espresso yang dicampur dengan air panas saja, membuat olahan kopi americano terasa tidak begitu pahit. Minuman kopi ini sangat disukai bagi pecinta kopi alami tanpa menggunakan campuran dan tidak begitu pahit.

4. Cold Brew
Sesuai dengan namanya, minuman kopi ini diseduh tanpa air panas, kopi cold brew disajikan dengan proses penyeduhan air dingin dengan suhu ruang selama beberapa jam, untuk menghasilkan rasa kopi dengan aroma yang khas dan nikmat.

5. Affogato
Kopi affogato disajikan dengan rasa yang unik, minuman ini merupakan paduan secangkir kopi yang dicampur dengan satu sendok es krim vanilla, yang membuat rasanya unik dan tidak biasa, tidak ada salahnya kamu mencobanya untuk merasakan sensasi rasa kopi yang berbeda.

6. Piccolo
Mendengar namanya memang agak menyeramkan, seperti karakter musuh dalam tokoh Dragon Ball. Minuman Kopi Piccolo merupakan sajian jenis latte yang disajikan dengan ristretto, kopi ini mengalami ekstraksasi espresso yang sangat baik, yang meciptakan aroma kopi yang khas dan nikmat, Kopi ini memiliki kadar asam rendah dan paduan rasa pahit dan manis yang berimbang.

7. Macchiato
Kopi Macchiato memiliki kandungan espresso yang banyak takarannya, diperlukan komposisi kopi dan susu dengan perbandingan 4:1 untuk menghasilkan secangkir kopi macchiato yang nikmat dan khas.

Macchiato disajikan dengan dua pilihan, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato. Bedanya, espresso macchiato disajikan dengan segelas espresso yang ditambahkan sedikit susu saja, sedangkan latte macchiato disajikan dengan secangkir kopi yang dibuat dengan memasukkan sedikit espresso kedalam segelas susu.

Nah itulah beberapa ulasan jenis kopi yang banyak kita temui di coffe shop atau kedai kopi, paling tidak kita sudah mempunyai gambaran jenis kopi apa saja yang mau kita pesan jika hangout bersama teman, sesuai dengan selera kita. Selamat mencoba!

Click to comment